Mi Instan Mahal Bikin Anak Kos Cemas, Intip Harganya di Alfamart dan Indomaret

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 16:49 WIB
Mi instan tengah menjadi perbincangan, bagaimana tidak makanan instan andalan anak kos ini diproyeksikan harganya akan naik tiga kali lipat imbas perang Rusia Ukraina. Foto/Dok
JAKARTA - Mi instan saat ini tengah menjadi perbincangan, bagaimana tidak makanan instan andalan anak kos ini diproyeksikan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, harganya akan naik tiga kali lipat.Dia menyebut, prediksi kenaikan harga tersebut karena efek dari dampak perang Rusia Ukraina .



Indonesia diketahui bergantung pada impor komoditas dari dua negara tersebut. Sehingga kenaikan harga pangan berbasis impor tak bisa dihindari.

"Jadi hati-hati yang makan mie banyak dari gandum, besok harganya 3 kali lipat itu, maafkan saya, saya bicara ekstrem saja ini," ujar Mentan dalam webinar bersama Ditjen Ditjen Tanaman Pangan, Senin (8/8) lalu.





Konflik masih bisa mempengaruhi pasar gandum Indonesia, karena total produk pangan yang diimpor dari kedua negara (Rusia dan Ukraina) pada 2021 sebesar USD956 juta, di mana 98% di antaranya adalah gandum.

Indonesia merupakan negara kedua dengan nilai impor gandum tertinggi di dunia, mengingat gandum sulit ditanam. Total nilai impornya USD2,6 miliar(5,4% dari total impor gandum dunia) pada 2020.

Data BPS tahun 2019 menunjukkan bahwa konsumsi gandum per kapita penduduk Indonesia adalah 30,5 kg/ tahun. Sebagai perbandingan, makanan pangan pokok penduduk Indonesia yaitu beras, konsumsi penduduk Indoensia per kapita sebesar 27 kg/tahun. Kebutuhan gandum terbesar adalah untuk industri produk pangan olahan, seperti mi instan, kue, dan roti.

Lantas, berapa harga mi instan saat ini? Mengutip dari aplikasi resmi Alfagift dan website klikIndomaret, berikut harga lengkap mi instan yang dijual hari ini, Jumat (12/8/2022):
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More