Wajah Baru Taman Mini Bikin Penasaran? Cek Harga Tiket Masuk dan Wahana di TMII

Kamis, 24 November 2022 - 12:16 WIB
• Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional : 05.00 - 16.00 WIB.

Wahana

• Senin - Jumat : 08.00 - 16.00 WIB

• Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional : 08.00 - 16.00 WIB.



Sementara itu, dengan wajah barunya, TMII menyuguhkan beragam wahana yang menarik, menghibur sekaligus mengedukasi. Mengutip laman resmi TMII, berikut ini sejumlah wahana yang bisa dinikmati pengunjung:

1. Wahana Rekreasi

Wahana rekreasi yang tersedia di TMII antara lain Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Mas, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark, dan lain-lain.

• Istana Anak-Anak Indonesia

Istana anak merupakan bangunan yang mirip dalam dongeng Cinderella. Bangunan utamanya bernama Graha Widya Tama yang terdiri empat lantai. Di dalamnya tersaji pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional anak Indonesia.

• Teater IMAX Keong Mas

Gedung teater ini menjadi tempat pemutaran serta pertunjukan film khusus berteknologi canggih. Dalam pendiriannya, bangunan ini dimaksudkan untuk sarana rekreasi guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tayangan yang menggunakan sinematografi modem proyektor IMAX.

• Kereta Gantung

Kereta Gantung menjadi salah satu wahana rekreasi paling populer dan diminati di TMII. Wahana ini memiliki tiga stasiun (A, B, C) dengan lintasan stasiun A-B dan C, serta sebaliknya.

2. Anjungan Daerah

Anjungan Daerah mencakup bangunan rumah adat khas Indonesia. Tercatat, ada sekitar 33 Anjungan Daerah yang didirikan mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia.

Tiap provinsi menampilkan sekurangnya tiga bentuk rumah adat khas daerah. Bentuk rumah adat dibuat sesuai bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya.

Bahkan, ada yang langsung dipindahkan dari daerahnya, seperti rumoh Aceh Cut Meutia yang langsung diboyong dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Dalam pembuatannya, wahana ini ditujukan untuk memberi informasi tentang rumah adat yang berasal dari berbagai suku di Indonesia. Selain itu, wahana ini juga digunakan sebagai tempat pameran dan peragaan beragam benda sejarah dan warisan bangsa.

3. Taman Rekreasi

Taman Rekreasi di TMII terdiri dari beberapa jenis, anara lain taman monumental, taman flora, taman fauna, hingga taman hiburan. Sebagai contoh, Taman Flora memiliki taman apotek hidup, taman melati, hingga taman legenda keong mas.

Sedangkan Taman Fauna terdiri atas taman burung, taman bekisar, taman kupu, taman reptilia, hingga dunia air tawar. Selain itu, Taman Hiburan dan Sarana Rekreasi di antaranya taman air Snowbay Water Park,Istana Anak Anak Indonesia dan Among Putro "Jagat Antariksa" SkyWorld. Sementara taman monumental ada taman prasasti APEC serta monumen persahabatan negara non-blok.

4. Museum

TMII diketahui memiliki cukup banyak museum di dalamnya. Tak kurang 19 museum dihadirkan guna menjawab pertanyaan seputar pengetahuan, sosial budaya, teknologi, dan lain sebagainya.

Beberapa contoh museum di TMII adalah Museum Penerangan, Museum Pusaka, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Serangga dan Taman Kupu, dan lain-lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More