Tips MotionTrade: 5 Istilah dalam Pembagian Dividen Saham

Selasa, 06 Desember 2022 - 14:06 WIB
Setidaknya ada 5 istilah yang perlu Anda ketahui mengenai pembagian dividen saham. Foto/MNC Media
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk ( BCAP ) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Salah satu hal yang diincar oleh investor pasar modal adalah keuntungan berupa dividen. Dividen adalah bagian dari keuntungan atau laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Berikut ini adalah 5 (lima) istilah yang telah MotionTrade rangkum untuk Anda ketahui mengenai pembagian dividen saham, yaitu:

1. Declaration date

Declaration date merupakan tanggal pengumuman resmi terkait pembagian dividen yang dikeluarkan oleh emiten. Informasi ini berupa tanggal pembayaran, tanggal pencatatan, dan jumlah dividen kas per lembar yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Declaration date terjadi sebelum dividen saham dibagikan kepada para investor.



2. Date of record

Date of record merupakan tanggal ketika suatu emiten mencatat siapa saja investor atau pemegang saham yang akan mendapatkan dividen.

3. Cum Date

Cum Date merupakan tanggal terakhir atau batas waktu bagi para investor yang ingin membeli saham supaya masuk ke dalam perhitungan dividen perusahaan. Investor yang masih memegang saham dari perusahaan bersangkutan pada tanggal cum dividen date berhak untuk menerima saham sesuai yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More