Pos Indonesia Beri Bantuan Tabung Gas untuk Korban Erupsi Semeru

Sabtu, 10 Desember 2022 - 20:22 WIB
Sebelum memutuskan memberikan bantuan, rupanya Faizal telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) Lumajang untuk memastikan barang yang menjadi kebutuhan korban erupsi Semeru.

“Kemarin saya koordinasi dengan BNPB Lumajang, saya tanya keperluannya apa. Ternyata tabung gas untuk memasak di hunian relokasi. Kami menyalurkan tabung gas, kami dapat dari Jember,” kata Faizal.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan tinggi kolom letusan Semeru 700 meter di atas puncak. Erupsi Semeru terjadi pada pukul 05.53 WIB.

Erupsi terjadi setelah PVMBG Badan Geologi ESDM menurunkan statusnya menjadi siaga atau level III. Saat ini, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 17 km dari puncak (pusat erupsi). Selain itu, masyarakat juga diingatkan tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah atau puncak gunung api Semeru karena rawan bahaya lontaran batu (pijar).
(dar)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More