Harta Karun RI Terkubur di Pulau Buton, Punya Bobot 650 Juta Ton

Kamis, 15 Desember 2022 - 16:01 WIB
Indonesia menyimpan harta karun terbesar di dunia di Pulau Buton dengan deposit mencapai ratusan juta ton. FOTO/Instagram/@eksploresultra
JAKARTA - Indonesia menyimpan harta karun sumber daya alam (SDA) berupa aspal yang terpendam di Pulau Buton. Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) jumlah deposit Aspal Buton mencapai 650 juta ton menjadi yang terbesar di dunia.

"Asbuton belum optimal dikembangkan dan masih menjadi produk subsitusi aspal minyak atau produk refinery yang selama ini dipenuhi melalui impor dalam jumlah yang besar," ungkap Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Noor Arifin Muhammad melalui pernyataannya, Kamis (15/12/2022).



Pemerintah berharap dapat dilakukan diskusi lebih lanjut untuk merumuskan langkah berikutnya dalam optimaliasasi potensi Asbuton sehingga muncul inovasi dan gagasan dalam mempercepat pemanfaatan Asbuton baik dari sisi ekplorasi dan eksploitasi, hingga proses bisnis di hilir.

Pemerintah berharap dapat diperoleh mitra-mitra kerja sama dalam pemanfaatan Asbuton melalui proses lelang wilayah kerja migas yang secara rutin dilakukan Kementerian ESDM. Tim Kajian Percepatan Kegiatan Eksplorasi di Wilayah Indonesia Timur Kementerian ESDM mendorong penelitian Potensi & Play Petroleum di Selat Buton, Onshore North Buton (Mesozoic & Cenozoic) sehingga dapat menjadi calon wilayah kerja yang siap diajukan joint study/dilelang.





Selain itu, pembahasan regulasi terkait pengembangan potensi aspal di Buton terutama rencana pengusahaan minyak mentah sintetik dari cracking bitumen Buton, rencana pilot project dan simulasi keekonomian ekstraksi bitumen dari asphalt Buton dalam rangka mengurangi impor aspal dan proof of concept penelitian solvent untuk cracking aspal Buton.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More