Rupiah Ditutup Melemah ke Rp15.601 Tertekan Perlambatan Ekonomi Global

Selasa, 03 Januari 2023 - 16:56 WIB
Rupiah melemah terhado dolar AS pada penutupan perdagangan hari ini. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Nilai tukar rupiah ditutup melemah 28 poin ke level Rp 15.601 atas dolar Amerika Serikat (AS) hari ini. Pengamat Pasar Uang Ibrahim Assuaibi mengatakan pelemahan rupiah tertekan perlambatan ekonomi global hingga akhir kuartal 2022.

"Memasuki kuartal akhir 2022, perekonomian global masih terus menghadapi hantaman perlambatan pertumbuhan ekonomi yang juga merupakan bagian dari efek lanjutan downside risks dari pandemi yang hingga kini belum usai sepenuhnya," terang Ibrahim melalui pernyataannya, Selasa (3/1/2022).



Terlebih, dunia juga dihadapkan pada konflik geopolitik hingga menyebabkan kenaikan harga komoditas yang mendorong terjadinya inflasi tinggi di seluruh dunia terutama di negara-negara maju. "Dengan kata lain, tahun 2022 menjadi tahun brutal bagi perekonomian, termasuk bagi negara-negara besar di dunia," tandas Ibrahim.





Dia memproyeksikan pada perdagangan besok, Rabu (4/1) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif ditutup melemah di rentang Rp 15.590 - Rp 15.650 per dolar AS.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More