5 Negara Pembeli Emas Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Indonesia

Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:20 WIB
loading...
5 Negara Pembeli Emas Terbesar di Dunia, Nomor Terakhir Indonesia
Terdapat sejumlah negara pembeli emas terbesar di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara pembeli emas terbesar di dunia . Negara tersebut didominasi oleh mereka yang memiliki jumlah penduduk tinggi seperti China, India, hingga Indonesia.

Melansir dari Investopedia, selama jutaan tahun obsesi terhadap emas di setiap negara di dunia terjadi. Terutama untuk negara yang menganggap bahwa emas memiliki nilai budayanya tersendiri, misalnya untuk pernikahan.

Selain dijadikan sebagai harta benda logam mulia, emas juga biasa dijadikan sarana investasi. Hal tersebutlah yang membuat permintaan emas di suatu negara menjulang tinggi.

Baca juga : 4 Negara Pembeli Minyak Murah Rusia, Nomor 3 Tetangga Indonesia

Berikut lima negara pembeli emas terbesar di dunia :

1. India

India menjadi negara pembeli emas terbesar di dunia dalam lima tahun terakhir. Tingginya permintaan meas di Negara Bollywood ini disebabkan karena banyaknya festival kebudayaan yang membutuhkan logam mulia ini.

Pada tahun 2020, permintaan emas di India mencapai 464 metrik ton, kemudian meningkat pesat di tahun 2021 menjadi 797 metrik ton.

2. China

Negeri Tirai Bambu berada di posisi ke dua. Permintaan emas di China sebelumnya sempat menurun pada tahun 2019 karena Covid 19.

Pada tahun 2021, permintaan emas di China mencapai 675 metrik ton, 6% lebih tinggi dari tahun 2019. Permintaan emas perhiasan menyumbang 65% dari konsumsi emas negara tersebut.

Baca juga : 5 Negara Penghasil Emas Terbanyak dengan Kandungan Mineral Terbaik

3. Amerika Serikat

Pernikahan menjadi satu alasan mengapa permintaan emas di Negeri Paman Sam terbilang tinggi. Namun pada tahun 2020 akibat pengaruh pandemi, permintaan emas di AS sempat menurun.

Kemudian ketika kehidupan telah berjalan normal di tahun 2021, permintaan emas di Amerika Serikat mulai melonjak tinggi hingga mencapai lebih dari 149 metrik ton.

4. Uni Emirat Arab

Penyebab tingginya permintaan emas di UEA adalah meningkatnya populasi penduduk dan pertumbuhan kelas menengah. Emas juga dijadikan sarana investasi oleh para penduduk Negeri Para Sultan ini.

Konsumsi perhiasan emas di UEA mencapai 11,5 metrik ton pada tahun 2019, kemudian melonjak di tahun 2022 menjadi 12,5 metrik ton, dan menjadikannya negara pembeli emas terbesar di dunia.

5. Indonesia

Sama seperti di India dan AS, emas juga memiliki makna buda yang besar di Indonesia. Selain itu Tanah Air juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki cadangan emas dan pertambangan emas terbesar di dunia.

Namun akibat lockdown permintaan emas ini sempat turun di tahun 2019 dan 2021 dimana totalnya tidak sampai mencapai 6 metrik ton. Meskipun turun Indonesia masih menjadi salah satu negara pembeli emas terbesar di dunia.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)