4 Negara Pembeli Minyak Murah Rusia, Nomor 3 Tetangga Indonesia

Senin, 10 Oktober 2022 - 13:29 WIB
loading...
4 Negara Pembeli Minyak Murah Rusia, Nomor 3 Tetangga Indonesia
Minyak Rusia kini telah menjadi pilihan bagi berbagai negara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Minyak Rusia kini telah menjadi pilihan bagi berbagai negara lantaran harganya yang jauh lebih murah ketimbang harga pasar internasional .

Dilansir dari rnz.co.nz, minyak mentah ural Rusia ditaksir memiliki harga USD 30 lebih murah ketimbang minyak mentah global untuk per barelnya. Kemudian pada akhir September harganya menjadi USD 20 lebih murah.

Baca juga : Diskon Gila-gilaan, China Borong Minyak Rusia

Meskipun mendapat banyak kritik dari beberapa negara barat namun terdapat pula negara yang justru membeli minyak Rusia ini di tengah pasar minyak global yang melonjak.

Berikut empat negara pembeli minyak murah Rusia :

1. China

Rusia sekarang adalah pemasok minyak terbesar untuk China dan mengambil alih Arab Saudi pada tahun 2022. Impor minyak Rusia telah meroket dari basis yang sangat rendah pada awal tahun ini mencapai puncaknya pada bulan Juni dan Juli. Sebagian besar mempertahankan tingkat ini hingga September.

China secara terpisah menerima sekitar 800.000 barel per hari minyak Rusia melalui pipa di bawah kesepakatan pemerintah. Hal ini membuat impor Mei menjadi hampir 2 juta barrel per hari atau sekitar 15% dari keseluruhan permintaan China.

2. India

Selain China, India juga menjadi salah satu importir terbesar minyak Rusia. Kedua negara ini bahkan menyumbang setengah dari semua ekspor minyak murah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3309 seconds (0.1#10.140)