Wall Street Sepekan Menguat, Saham Teknologi Diuji Keraguan Laporan Keuangan

Senin, 23 Januari 2023 - 07:21 WIB
loading...
Wall Street Sepekan Menguat, Saham Teknologi Diuji Keraguan Laporan Keuangan
Wall Street sepekan lalu menguat dan diproyeksikan akan diwarnai serangkaian laporan keuangan. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Wall Street sepekan lalu menguat dan diproyeksikan akan diwarnai serangkaian laporan keuangan dan menguji kenaikan saham teknologi dan megacap lain. Hal itu terjadi karena sebuah kategori dengan posisi kepemimpinannya di pasar Amerika Serikat (AS) telah tersendat setelah aksi jual besar-besaran tahun lalu.

Mengutip Reuters, Indeks Nasdaq 100 (.NDX) yang diisi teknologi telah naik hampir 6,2% pada tahun 2023, dibandingkan dengan kenaikan 3,45% untuk S&P 500 (.SPX).

Saham beberapa perusahaan megacap termasuk yang dikelompokkan di luar teknologi di sektor-sektor seperti layanan komunikasi dan kebijaksanaan konsumen telah melonjak lebih tinggi, dengan Amazon (AMZN.O), Meta Platforms (META.O) dan Nvidia (NVDA.O) membukukan dua digit persentase.



Beberapa faktor mendorong kinerja yang luar biasa itu, termasuk investor yang menumpuk di saham yang mereka yakini dihukum secara berlebihan pada tahun 2022. Menurut investor, moderasi dalam imbal hasil obligasi, yang melonjak tahun lalu secara khusus menekan valuasi saham teknologi, juga kemungkinan membantu grup tersebut.

Sekarang, bagaimanapun, fokusnya bergeser ke apakah perusahaan-perusahaan ini dapat menahan penurunan ekonomi yang diharapkan secara luas sambil mendukung valuasi yang diyakini beberapa investor terlalu tinggi.

"Untuk mempertahankan pemulihan ini, panduan untuk tahun 23 harus tidak seburuk yang diantisipasi orang," kata Peter Tuz, presiden Chase Investment Counsel, yang perusahaannya baru-baru ini mengurangi kepemilikannya di Apple (AAPL.O) dan Microsoft ( MSFT.O).

Saham teknologi dan pertumbuhan memimpin pasar ekuitas AS selama bertahun-tahun setelah krisis keuangan 2008, dibantu oleh suku bunga mendekati nol. Mereka berjuang bersama dengan pasar yang lebih luas tahun lalu karena Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk melawan lonjakan inflasi, dan beberapa investor ragu mereka akan mendapatkan kembali posisi terdepan pasar dalam waktu dekat. Nasdaq 100 turun 33% pada tahun 2022, sedangkan S&P 500 kehilangan 19,4%.

Enam saham teratas berdasarkan nilai pasar pada akhir 2021 - Apple, Microsoft, Alphabet (GOOGL.O), Amazon, Meta, dan Tesla (TSLA.O) - telah mengalami penurunan bobot kolektif mereka di S&P 500 dari 25% menjadi 18%, menurut Mitra Riset Strategas.

Dinamika itu menggemakan pola yang terlihat setelah gelembung dot-com pasar meledak setelah pergantian abad. Enam saham terbesar pada saat itu melihat bobot kolektif mereka di S&P 500 turun menjadi 5% dari puncak 17% selama beberapa tahun, menurut Strategas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)