4 Juragan Bisnis Kopi Tercuan di Indonesia, Nomor 1 Berharta Rp59 Triliun

Senin, 23 Januari 2023 - 07:43 WIB
loading...
4 Juragan Bisnis Kopi Tercuan di Indonesia, Nomor 1 Berharta Rp59 Triliun
Sejumlah pengusaha Indonesia sukses meraup cuan dari bisnis kopi. Foto/pexels/chevanon photography
A A A
JAKARTA - Sejumlah pengusaha Indonesia sukses meraup cuan dari bisnis kopi . Mulai dari pengusaha kawakan yang masuk jajaran terkaya hingga anak muda yang merintis kopi kekinian.

Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia tentunya punya potensi besar dalam pengembangan bisnis kopi di dalam negeri disamping juga diekspor.

Mengutip laporan Statistik Kopi Indonesia 2021 dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi tahun 2019 hingga 2021 cenderung meningkat.

Tahun 2019 produksi kopi sebesar 752,51 ribu ton naik menjadi 762,38 ribu ton pada tahun 2020 atau naik 1,31%. Tahun 2021 produksi kopi naik menjadi 786,19 ribu ton atau meningkat 3,12%.

Seiring peningkatan produksi, industri kopi dalam beberapa dekade terakhir juga terus berkembang. Kopi banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku mulai dari industri makanan dan minuman hingga skincare.

Dengan banyaknya penikmat kopi, industri minuman berbahan kopi pun berkembang pesat, mulai dari permen kopi, kopi tubruk, kopi sachet, hingga minuman kopi dalam kemasan botol dan kaleng.

Mayora Group dan Kapal Api Group merupakan contoh dua pemain lama dan besar yang konsisten di industri minuman berbahan dasar kopi.

Sementara itu, pergeseran budaya ngopi juga makin terlihat dalam satu dekade terakhir, di mana minum kopi telah menjadi gaya hidup lintas generasi dan digandrungi anak-anak muda milenial hingga gen Z.

Gerai atau kedai kopi kekinian pun kian menjamur dan menawarkan berbagai menu kopi dengan variasi rasa yang sangat beragam, salah satunya kopi susu gula aren.

Beberapa gerai kopi juga sukses buka cabang hingga lebih dari 1.000 gerai dalam waktu singkat. Hebatnya lagi, para pendiri atau pemiliknya adalah anak-anak muda yang sukses berbisnis sebelum usia mereka mencapai 30 tahun. Kuncinya adalah kerja keras dan terus mencoba melakukan perbaikan setiap hari.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)