KML Sukses Yakinkan Orang Eropa-AS Sukai Ikan Indonesia

Rabu, 20 Mei 2015 - 11:39 WIB
KML Sukses Yakinkan Orang Eropa-AS Sukai Ikan Indonesia
KML Sukses Yakinkan Orang Eropa-AS Sukai Ikan Indonesia
A A A
JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Kelola Mina Laut (KML) Mohammad Nadjikh mengungkapkan, sangat sulit meyakinkan orang-orang Eropa dan Amerika Serikat (AS) untuk menerima produk ikan laut negara tropis seperti Indonesia.

Hal tersebut disebabkan lidah mereka terbiasa dengan makanan laut dari laut subtropis. Saat ini, KML sendiri sudah ada di 80 negara termasuk di negara-negara barat dengan usaha keras meyakinkan orang-orang di sana untuk menyukai ikan laut tropis Indonesia.

"Bagaimana orang sana bisa suka, itu pekerjaan yang sulit. Kita meyakinkan mereka supaya mereka tergantung sama produk kita. Mereka punya salmon, kita punya kakap yang di negara manapun enggak punya," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/5/2015).

Nadjikh bercerita, kesulitannya tidak hanya meyakinkan konsumen luar negeri, namun juga mengelola perusahaan dari mulai kelas teri. Pasalnya, produk yang dia pasarkan dari paling kecil adalah ikan teri dan di negara-negara tersebut banyak yang belum mengenal ikan teri.

"Tapi kita bisa. Sampai ke Jepang malah. Market share-nya hingga 55%. Kemudian masuk kelas kakap. Ya itu tadi, kemudian saya mengenalkan ikan kakap ke Eropa dan Amerika, supaya mereka bisa senang ikan tropis," katanya.

Saat ini, KML juga sudah menjadi produsen bakso ikan nomor satu di dunia. Awalnya Nadjikh kesulitan, karena orang-orang banyak yang mengenal bakso sapi.

"Kita enggak punya sapi. Pada akhirnya kita kelola ikan supaya jadi bakso. Dan Alhamdulilah sekarang sudah dikenal sampai Amerika. Makanan-makanan Jepang yang sekarang ada di Indonesia, itu memakai produk dari anak perusahaan kami. Jadi kami cukup bangga," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6408 seconds (0.1#10.140)