5 Miniatur Termahal di Dunia, Nomor 2 Dibanderol Rp112 Miliar: Lebih Mahal dari Benda Aslinya

Rabu, 25 Januari 2023 - 19:24 WIB
loading...
5 Miniatur Termahal di Dunia, Nomor 2 Dibanderol Rp112 Miliar: Lebih Mahal dari Benda Aslinya
Lamborghini Aventador kalah mahal dari miniaturnya. Foto/GuideAutoWeb
A A A
JAKARTA - Miniatur digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka rela mengeluarkan dana yang fantastis untuk mendapatkan koleksi miniatur dari karakter favoritnya, mulai dari karakter film Star Wars hingga mobil Lamborghini.



Nah beberapa koleksi miniatur ada yang terbilang langka, sehingga harganya pun semakin mahal. Meski punya harga selangit, minatur ini juga bisa dijadikan sarana investasi , bisa dijual kembali dengan harga yang lebih mahal.

Mau tahu miniatur apa saja yang dibanderol mahal? Berikut ulasannya:

1. Miniatur Kota

Pada ajang pameran “Gulliver Gate” yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat, pada 2017, sekelompok seniman suskes menciptakan miniatur 300 landmark dan 50 kota di seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, harganya mencapai USD49 juta atau Rp735 miliar (kurs Rp15.000).

Miniatur yang berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektare ini terlihat sangat detail bahkan persis seperti asli. Misalnya, situasi di Times Square di Kota New York, Amerika Serikat dengan segala aktivitas yang dilakukan oleh para warga. Selain itu, ada pula miniatur Taj Mahal di India, Gereja St Basil di Rusia, Menara Kembar Petronas di Malaysia, Patung Jesus di Brasil, Arc de Triomphe di Prancis, hingga anggota The Beatles saat melewati Jalan Abbey Road yang melegenda.

2. Miniatur Lamborghini Aventador

Miniatur Lamborghini Aventador berskala 1:8 dibanderol USD7,5 juta atau Rp112 miliar pada 2020. Harga itu lebih mahal dari mobil Lamborghini Aventador tipe J yang dibanderol cuma Rp2,8 juta (Rp42 miliar dengan kurs yang sama). Miniatur ini hampir seluruh bagiannya dibuat dari emas 24 karat. Bagian pintu, atap, wiper, serta spionnya juga terbuat dari emas. Kemudian, untuk jok serta lampunya dibuat dari batu mulia.

Miniatur Lamborghini Aventador Gold dapat dibuka dengan konfigurasi scissor dor, sama halnya dengan mobil asli. Miniatur mobil ini dibuat oleh Robert Culpen Engineering dari Jerman. Bahkan kotak display miniatur ini tercatat yang teraman serta mempunyai logo mewah.

3. Action Figure GI Joe

Action Figure GI Joe yang bertema militer mempunyai 21 bagian yang dapat digerakkan. GI Joe tampak menggunakan seragam sersan serta mempunyai ekspresi kelelahan pertempuran. Action figure ini diproduksi pada 1963, kini keberadaannya pun sudah sangat langka.

Seorang distributor buku Amerika, Stephen Geppi, beruntung mempunyai action figure GI Joe. Dalam pelelangan di San Diego pada 2003, action figure tersebut berhasil terjual USD200.000 atau Rp3 miliar. Action figure GI Joe diproduksi secara manual dengan menggunakan tangan. Menurut Geppi, ia sangat senang mendapatkan action figure tersebut. Geppi membeli GI Joe dari Don Levine, seorang veteran Perang Korea dan mantan eksekutif Hasbro yang terlibat dalam pembuatan mainan tersebut.

4. Action Figure Bearbrick

Action figure Bearbrick merupakan ikon besar di dunia seni dan fashion, yang memadukan kesederhanaan mainan dengan kesan estetik modern serta mode yang mewah. Bearbrick juga menjadi incaran para kolektor. Action figure ini mempunyai berbagai ukuran.

Ukuran normalnya memiliki tinggi 70 milimeter (100%). Sementara, untuk ukuran yang lebih besar, berukuran 700 milimeter (1.000% ). Bearbrick dibuat oleh Tatsuhiko Akashi. Ia merupakan pendiri perusahaan mainan asal Jepang, yaitu Medicom Toy.

Pada awalnya, Akashi membuat Bearbrick untuk World Character Convention di Tokyo pada 2001. Hingga akhirnya Bearbrick resmi diluncurkan pada 27 Mei 2001. Pada 2008, Bearbrick Yue Minjun Qiu Tu yang berukuran 1.000% terjual dengan harga 126.000 poundsterling atau Rp1,9 miliar (kurs poundsterling waktu sekitar Rp15.800) di pelelangan.

5. Action Figure Obi-Wan Kenobi dan Darth Vader

Action figure Obi-Wan Kenobi dan Darth Vader terjual dengan total harga gabungan USD120.000 atau Rp1,8 miliar. Lebih detailnya, Obi-Wan Kenobi senilai USD65.000, sedangkan Darth Vader bernilai USD55.000.
Dua action figure tersebut dibuat oleh produsen mainan Kenner pada 1978, setahun setelah rilis film Star Wars yang pertama. Bersama dengan Luke Skywalker, ketiga sosok tersebut hadir dengan pedang cahaya teleskopik yang dimasukkan ke tangan mereka.



Dua action figure, Obi-Wan Kenobi dan Darth Vader ini adalah milik kolektor Russell Branton, penggemar Star Wars sejak kecil namun baru mengumpulkannya saat mempunyai pendapatan yang cukup. Menurut Alex Winter, ketua lelang Hake’s Americana and Collectables, Russell Branton memulai koleksinya sekitar 15 tahun sebelum ia membayar banyak uang untuk barang tersebut pada 2018.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)