Penjualan Setrum PLN Naik, Pengusaha: Sinyal Positif Ekonomi Bangkit

Rabu, 25 Januari 2023 - 21:41 WIB
loading...
Penjualan Setrum PLN Naik, Pengusaha: Sinyal Positif Ekonomi Bangkit
Kenaikan penjualan listrik jadi sinyal positif bangkitnya ekonomi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kenaikan penjualan listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN pada tahun lalu menjadi sinyal positif kebangkitan ekonomi Indonesia.

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (Aspebindo) pun mengapresiasi kinerja PLN.

"Penjualan listrik yang naik menjadi sinyal positif kebangkitan ekonomi kita dan ini tentu tak lepas dari upaya PLN yang pada waktu Covid-19 menyalurkan stimulus-stimulus yang membantu industri untuk tetap bertahan," ujar Ketua Umum Aspebindo Anggawira, Rabu (25/1/2023).

Sebagai informasi, sebelumnya PLN telah mengumumkan adanya kenaikan signifikan penjualan listrik pada masa pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Hingga November 2022, penjualan kumulatif PLN mencapai 250,4 Terawatt Hour (TWh) di mana secara tahunan (year-on-year/yoy) tumbuh 6,61%.

PLN juga telah menyalurkan stimulus sebesar Rp24,23 triliun untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Anggawira menilai stimulus tersebut penting bagi bisnis dan industri kecil untuk bertahan.

"Perlambatan ekonomi yang menghantam pebisnis kecil sangat terbantu dengan adanya stimulus dari PLN sehingga mereka bisa bertahan. Jadi, saat ekonomi kembali normal seperti sekarang pebisnis kecil bisa meningkatkan produksinya dan konsumsi listrik meningkat," tuturnya.

Dia juga menyebut tantangan PLN untuk masa selanjutnya adalah mengenai kualitas rasio elektrifikasi. Meski rasio elektrifikasi sudah tinggi, kata Anggawira, PLN perlu terus menjamin pasokan listrik yang berkualitas dan andal agar dapat meningkatkan ekonomi desa dan daerah.

"Rasio elektrifikasi kita memang sudah tinggi angka ini perlu ditingkatkan terutama kualitasnya agar listrik ini bisa diandalkan untuk kegiatan ekonomi dan industri,” tukasnya.

Dia menambahkan, rencana untuk mengurangi penggunaan batu bara juga perlu ditindaklanjuti dengan mencari energi primer yang akan menggantikan batu bara. “Terutama kesanggupan sumber energi baru dan terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik kita yang akan terus naik," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)