Saudi Aramco Gagal Investasi, Luhut Ungkap Komplain Putra Mahkota Arab Saudi

Kamis, 26 Januari 2023 - 22:00 WIB
loading...
Saudi Aramco Gagal Investasi, Luhut Ungkap Komplain Putra Mahkota Arab Saudi
Menko Luhut B. Pandjaitan ungkap komplain Putra Mahkota MBS. Foto/Instragram
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengaku mendapat komplain dari Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) . Penyebabnya, Saudi Aramco batal menggarap proyek minyak di Kilang Cilacap, Jawa Tengah.



Saudi Aramco adalah perusahaan minyak dan gas milik kerajaan Arab Saudi. Sebelumnya, Pertamina dan Aramco berencana menyepakati kerja sama untuk mengelola proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Cilacap, Jawa Tengah.

"Bu Nicke, saya barudi komplain sama MBS, saya bilang sama mereka 'kenapa kalian belum investasi di Indonesia?' karena katanya Aramco enggak masuk di kilang minyak," ungkap Luhut, Kamis (26/1/2023).

Luhut pun meminta agar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan penjelasan terkait masalah tersebut. "Saya tanya langsung sama Bu Nicke," ucap dia.

Dia menegaskan tidak ada yang harus disembunyikan perihal batalnya investasi otoritas Arab Saudi di Indonesia. Luhut meminta Pertamina membuka data-data tersebut.

Bahkan, Luhut mengaku telah melaporkan perkara itu ke Presiden Jokowi. Dari pengakuannya, kepala negara meminta tidak ada yang bisa bermain-main dengan investasi di dalam negeri.



"Sekarang tidak ada yang tersembunyi, semua data terbuka. MBS saya jelaskan panjang lebar dan saya lapor Presiden dan dia mengatakan tidak bisa sekarang kita main-main, karena data pasti akan terlihat karena semua digitalisasi," kata dia.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)