IHC Gandeng Mayo Clinic, Erick Thohir: Wujudkan Ketahanan Kesehatan Nasional

Kamis, 26 Januari 2023 - 22:02 WIB
loading...
IHC Gandeng Mayo Clinic, Erick Thohir: Wujudkan Ketahanan Kesehatan Nasional
IHC RSPP menjadi member Mayo Clinic Care Network pertama dari Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Bina Medika atau Indonesia Healthcare Corporation (IHC) resmi menjajaki kerja sama dengan Mayo Clinic, sebuah organisasi kesehatan dunia. Melalui penjajakan ini, Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) resmi menjadi bagian dari Mayo Clinic Care Network (MCCN).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, kolaborasi antara Mayo Clinic dan RSPP menunjukan komitmen Indonesia untuk meningkatkan layanan kesehatan berstandar internasional.

"Kami mengapresiasi upaya ini, terlebih ini dilakukan oleh RSPP, yang merupakan institusi BUMN, sehingga dapat menjalankan mandat pemerintah untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional,” ungkap Erick, Kamis (26/1/2023).

IHC RSPP menjadi member Mayo Clinic Care Network pertama dari Indonesia. Menjalin kolaborasi dengan institusi kesehatan global, IHC RSPP akan memperoleh akses berbagi pengetahuan dan keahlian dari tim Mayo Clinic.

Direktur Utama IHC, Mira Dyah memastikan sinergisitas itu akan memberikan keuntungan bagi setiap tenaga medis di IHC RSPP, khususnya meningkatkan kemampuan di sebagai industri kesehatan bertaraf internasional. “Salah satunya, tim medis RSPP dapat melakukan teleconference dengan ahli kesehatan dari Mayo Clinic,” ujar Mira.



Dia meyakini, melalui sinergi ini pihaknya dapat mengakses keahlian internasional yang dimiliki Mayo Clinic, sehingga pada akhirnya akan memberi keuntungan bagi konsumen pengguna layanan RSPP baik pasien maupun lembaga asuransi kesehatan.

“Salah satu keunggulan lain adalah tenaga medis kami dapat berinteraksi dengan tim ahli Mayo Clinic, seperti ahli kanker, melalui jaringan langsung eBoards untuk berdiskusi kasus kesehatan spesifik untuk kebutuhan layanan kami kepada pasien,” ucapnya.

Melalui kerja sama dengan Mayo Clinic Care Network, tenaga kesehatan IHC RSPP memiliki akses pada perangkat dan layanan kesehatan Mayo Clinic, termasuk perangkat informasi terhadap berbagai kejadian kesehatan.



Lalu, eBoards atau perangkat siar langsung, yakni video conference yang terjadwal di mana tim medis RSPP dapat mendiskusikan kasus kesehatan yang kompleks dengan tim Mayo Clinic.

Kemudian, konsultasi layanan kesehatan. Staf IHC RSPP juga dapat menggunakan materi-materi edukasi pasien dan akses terhadap pengembangan profesi dan peningkatan keahlian yang berkelanjutan, dan manfaat lainya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)