Tak Menyerah dengan Modal Minim, Wanita Ini Sukses Jual Kue 1.000 Pcs per Hari

Jum'at, 27 Januari 2023 - 20:31 WIB
loading...
Tak Menyerah dengan Modal Minim, Wanita Ini Sukses Jual Kue 1.000 Pcs per Hari
PNM terus mendorong kaum perempuan mewujudkan impian usahanya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak wanita yang bermimpi untuk jadi pengusaha , namun faktor permodalan kadang menjadi kendala. Lebih lagi bagi wanita dari kalangan prasejahtera yang serba-kekurangan.



Namun, kondisi itu tidak menjadi alasan bagi Farika Linda Tanjung, wanita kelahiran Sragen, Jawa Tengah, berusia 44 tahun yang kini menetap di Jakarta Barat, untuk berhenti berusaha.

Ibu enam anak ini sukses membangun usaha kue yang dia rintis beberapa tahun lalu. Kini usahanya berkembang pesat, padahal modal yang dia miliki sangatlah minim.

Usaha Farika mulai berkembang setelah mendapat pembinaan terkait manajemen keuangan, seperti cara memutarkan modal, membayar angsuran, dan berbagai peluang dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dari Permodalan Nasional Madani ( PNM ) melalui program Mekaar.

Dalam menjalankan usahanya, dia sempat mengalami jatuh bangun. Namun dia tak pernah patah semangat, terus belajar dan melakukan berbagai inovasi. Setiap hari Farika sibuk dengan usahanya mulai dari belanja bahan baku, melakukan proses produksi hingga pemasaran.

“Semua saya kerjakan sendiri, misalnya untuk pemasaran, saya titipin di warung-warung kecil di sekitar tempat tinggal saya,” ucap Farika dilansir dari keterangan tertulis, Jumat (27/1/2023).

“Kadangkala tidak semua kue laku, kadang berhari-hari tidak laku jadi terpaksa diganti sama yang baru,” sambung dia.

Ditambah dengan datangnya pandemi Covid-19, usahanya sempat menurun karena banyak rekanan yang memutuskan kerjasama. Tak lantas menyerah dan berkat kerja kerasnya, kini ia mampu memproduksi rata-rata 1.000 pcs kue per hari dengan merek “Rika Cakes”.



Sebagai informasi, pada Desember 2022, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp202,4 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 13.921.722 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.510 kantor layanan PNM Mekaar dan 705 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.655 kecamatan.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)