4 BUMN Bakal Melantai di Bursa Tahun Ini, Berikut Profilnya

Sabtu, 28 Januari 2023 - 13:05 WIB
loading...
4 BUMN Bakal Melantai di Bursa Tahun Ini, Berikut Profilnya
Dikonfirmasi bakal ada 4 BUMN yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO) pada 2023, berikut profil singkatnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengkonfirmasi akan ada empat perusahaan pelat merah yang melakukan Initial Public Offering ( IPO ) pada 2023. Keempat perseroan itu merupakan anak usaha BUMN yang bergerak di sektor pangan dan energi.



Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury merinci, anak usaha BUMN yang mencatatkan saham perdananya di pasar modal tahun ini terdiri dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Palm Co, dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim).

Menurutnya, IPO empat anak usaha BUMN itu menjadi strategi pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan energi di dalam negeri.

"Atas dasar rencana strategis untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ketahanan energi kita, ada empat rencana BUMN dan anak usaha BUMN yang kita lakukan penawaran ke publik," ungkap Pahala, dikutip Sabtu (28/1/2023).



Adapun profil singkat keempat anak usaha BUMN yang dirangkum IDX Channel:

- Pertamina Geothermal Energy

PGE merupakan anak perusahaan PT Pertamina Power Indonesia di bawah naungan PT Pertamina (Persero).
Saat ini perusahaan mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dengan total kapasitas terpasang sebesar 1877 MW.

PGE memanfaatkan panas bumi melalui skema pemanfaatan langsung maupun tidak langsung. Saat ini sebagian besar pemanfaatan panas bumi dilakukan dengan skema pemanfaatan tidak langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)