4 Daerah Penghasil Uranium di Indonesia, Kalimantan Paling Banyak

Senin, 30 Januari 2023 - 17:46 WIB
loading...
4 Daerah Penghasil Uranium di Indonesia, Kalimantan Paling Banyak
Tidak hanya memiliki sumber energi konvensional, ternyata ada beberapa daerah penghasil uranium di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tidak hanya memiliki sumber energi konvensional, ternyata ada beberapa daerah penghasil uranium di Indonesia. Uranium merupakan salah satu sumber energi yang digadang-gadang akan menggantikan batu bara dan energi yang lainnya.

Berdasarkan data Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Indonesia memiliki bahan baku nuklir berupa sumber daya uranium sebanyak 81.090 ton yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Punya Sumber Angin, Sulawesi Potensial dalam Pengembangan Energi Terbarukan

Berikut empat daerah penghasil uranium di Indonesia.

1. Kalimantan

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Telah menyatakan bahwa wilayah Kalimantan telah memiliki banyak kandungan uranium yang dapat dijadikan bahan bakar nuklir pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Saat ini sudah tercatat ada sekitar 34. 886 ton deposit nuklir yang ada di daerah kalimantan. Jumlah tersebut tersebar di dua wilayah, yakni Kalimantan Barat 17.005 ton dan Kalimantan Timur 17.861.

2. Sumatra

Tak hanya di wilayah Kalimantan, Sumatra juga diketahui telah memiliki banyak cadangan uranium di dalamnya. Diketahui bahwa di dalam bumi Sumatera telah menyimpan sebanyak 31.567 ton Uranium.

Untuk memanfaatkan sumber energi tersebut, Batan telah menjalin kerja sama dengan PT. Timah TBK untuk memanfaatkan uranium sebagai sumber energi. Terutama akan digunakan sebagai bahan bakar dasar pembangkit listrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)