Upaya Meningkatkan K3 di Lingkungan Perusahaan lewat Kompetisi

Senin, 30 Januari 2023 - 21:16 WIB
loading...
Upaya Meningkatkan K3 di Lingkungan Perusahaan lewat Kompetisi
Fire and rescue competition bisa meningkatkan K3 sebuah perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Untuk terus meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 ) di sebuah perusahaan, banyak cara bisa dilakukan. Salah satunya, meningkatkan kewaspasdaan dan kesigapan karyawan dalam mengantisipasi bencana kebakaran di lingkungan perusahaan.



Upaya itu dilakukan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) dengan menggelar Fire and Rescue Competition antarkompartemen, dalam mengisi peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N) tahun 2023. Kegiatan berlangsung di halaman parkir GOR Pupuk Kaltim, Sabtu lalu (28/1/2023).

Koordinator Fire and Rescue Competition 2023 Brario Anindito, mengatakan kegiatan diikuti 13 tim yang berasal dari kompartemen sekretaris perusahaan, SBU jasa perawatan pabrik, pengembangan, transformasi bisnis, pemeliharaan, operasi 1, operasi 2, satuan audit internal, administrasi keuangan, teknik, umum, SDM serta teknologi.

Konsep perlombaan tahun ini berbeda dari sebelumnya, karena tidak hanya mengutamakan keterampilan dan kesigapan dalam penanganan bencana kebakaran, tapi juga menekankan pada pemahaman terkait K3 maupun pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) bagi seluruh peserta.

“Setiap rintangan yang dihadirkan pada perlombaan ini tidak hanya untuk meningkatkan skill, tapi juga memberikan pemahaman baru kepada karyawan. Langkah ini sebagai bentuk representasi tantangan yang dihadapi Pupuk Kaltim, yang senantiasa harus dihadapi dengan penuh semangat dan kekompakan oleh seluruh insan perusahaan,” ujar Brario, dalam keterangannya, Senin (20/1/2023).

Selain berpartisipasi aktif dalam implementasi K3 khususnya bidang pencegahan dan penanggulangan kebakaran, Fire and Rescue Competition juga sebagai upaya meningkatkan korsa dan kekompakan antar-karyawan dari seluruh kompartemen, dengan mengedepankan semangat kolaborasi untuk menjaga aset perusahaan dari berbagai potensi yang dapat menimbulkan kerugian.

"Kegiatan ini pun dapat menjadi bekal bagi karyawan untuk terus meningkatkan langkah aktif penanggulangan kebakaran yang bisa saja terjadi di lingkungan perusahaan," tandas Brario.

Sementara itu, SVP Operasi 2 Pupuk Kaltim Rikho Dhyatmiko Arifianto mengungkapkan, selain untuk mensosialisasikan program K3 bagi karyawan, kegiatan ini juga langkah perusahaan untuk meningkatkan kewaspadaan karyawan terhadap potensi bencana, khususnya potensi kebakaran di lingkungan Pupuk Kaltim yang bisa berakibat fatal terhadap operasional perusahaan. Selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi sarana penyegaran terhadap pedoman dan tata cara penanganan bagi para korban, sekaligus upaya penanggulangan kebakaran yang bisa saja terjadi.

"Kami mengimbau seluruh karyawan Pupuk Kaltim dapat senantiasa mengimplementasikan sekaligus memahami pentingnya menjaga K3 dalam aktivitas sehari-hari, utamanya dalam mengantisipasi berbagai potensi bencana yang bisa saja terjadi," kata Rikho.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5120 seconds (0.1#10.140)