PLN Terangi 5 Dusun di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat

Selasa, 28 April 2020 - 14:20 WIB
loading...
PLN Terangi 5 Dusun...
Salah satu dari lima dusun yang berhasil dilistriki oleh PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 terus melaksanakan komitmennya untuk melistriki seluruh negeri. Terakhir, PLN berhasil menyalurkan listrik ke lima dusun di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Dusun kambunong yang terletak di Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulbar menjadi salah satu dusun yang kini dapat menerima aliran listrik PLN. Untuk melistriki 100 kepala keluarga yang berada di Dusun Kambunuong, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,78 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 0,58 kms, serta 1 gardu distribusi dengan total kapasitas 160 kiloVolt Ampere (kVA).

Pembangunan infrastruktur untuk mengalirkan listrik ke Dusun Kambunong tidak mudah. Lokasinya yang terpencil dengan akses melewati jalan terjal dan berbatu hingga menyeberangi laut menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembangunannya.

"Pembangunan untuk daerah terpencil seperti Dusun Kambunong ini memang lebih sulit. Jalan terjal hingga menyeberangi laut terkadang membuat tiang tidak bisa dibawa menggunakan kendaraan dan harus dipanggul. Namun ini sudah menjadi komitmen kami untuk terus berusaha mengaliri listrik ke seluruh pelosok nusantara," ucap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Ismail Deu melalui keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Dalam proses pembangunannya, tegas dia, PLN tetap memperhatikan protokol Covid-19 dengan memastikan petugas menggunakan sarung tangan, masker, serta menjaga jarak saat melakukan pekerjaan.

Kepala Dusun Kambunong, Sunardi mengaku bersyukur listrik telah masuk ke dusun tersebut, "Kami bahagia karena di tengah keadaan seperti ini, listrik telah masuk ke dusun kami. Dengan adanya listrik, tentu akan sangat bermanfaat, ini salah satu berkah Ramadhan bagi kami," kata Sunardi.

Selain Dusun Kambunong, satu dusun di Provinsi Sulbar yang telah menikmati aliran listrik yaitu Dusun Saluran, Desa Saludengen, Kecamatan Tompo, Kabupaten Mamuju. Sementara empat dusun di Provinsi Sulsel yaitu Dusun Manyaha, Dusun Bonto Manai, Dusun Maroangin, dan Dusun Gori-Gori yang berlokasi di Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai.

Untuk melistriki sekitar 226 kepala keluarga yang berada di seluruh dusun tersebut, PLN total membangun JTM sepanjang 19,65 kms, JTR sepanjang 17,27 kms, dan 8 gardu distribusi dengan total kapasitas mencapai 400 kVA. PLN berharap hadirnya listrik dapat membantu aktivitas dan meningkatkan produktifitas warga sehingga akan berdampak pada peningkatkan kesejahteraan warga.
(fai)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0826 seconds (0.1#10.140)