Minyakita Mahal, Mendag Zulhas Tak Segan Beri Penalti kepada Penjual

Selasa, 31 Januari 2023 - 18:10 WIB
loading...
Minyakita Mahal, Mendag Zulhas Tak Segan Beri Penalti kepada Penjual
Mendag Zulkifli Hasan merespons, adanya laporan bahwa terdapat praktik menjual Minyakita di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per Liter. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan atau Mendag Zulkifli Hasan mengaku, tidak segan untuk memberikan penalti terhadap penjual yang kedapatan menjual Minyakita di atas harga eceran tertinggi (HET). Mendag juga mengutarakan, pihaknya telah membentuk gugus tugas untuk mengawasi pendistribusian minyak goreng setiap harinya.

“Harganya tetap, kalau naik akan didenda. Setiap hari gugus tugas memonitor pendistribusian minyak goreng, dicek siapa yang sudah supply,” ujar Zulhas -sapaan akrab Zulkifli Hasan- saat Konferensi Pers Keikutsertaan Indonesia pada New York Fashion Week di Jakarta, Selasa (31/1/2023).



Sementara untuk mengatasi kelangkaan Minyakita, Mendag sudah meneken perjanjian dengan produsen minyak goreng (migor) untuk meningkatkan tambahan suplai migor emasan dan curah sebanyak 450 ribu ton per bulan selama tiga bulan yaitu Februari - April 2023.

“Kelangkaan Minyakita diatasi dengan meningkatkan supplynya dari 300 ribu ton/bulan menjadi 450 ribu ton/bulan” ujar Zulhas.



Dengan adanya peningkatan supply minyak dan pengawasan yang dilakukan setiap hari, Zulhas optimistis stok Minyakita akan kembali beredar di pasaran pada 2 minggu ke depan. Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengingatkan Zulhas pada rapat terbatas untuk mewaspadai adanya kenaikan harga beras dan minyak goreng.

"Kenaikan harga-harga barang dan jasa saya lihat betul-betul harus diwaspadai. Pertama urusan beras, kedua berkaitan dengan minyak, minyak goreng dilihat betul," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) pasca-pencabutan PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3494 seconds (0.1#10.140)