Mengawali 2023, The Fed Kerek Suku Bunga AS 25 Basis Poin

Kamis, 02 Februari 2023 - 11:24 WIB
loading...
Mengawali 2023, The Fed Kerek Suku Bunga AS 25 Basis Poin
Ketua Federal Reserve Jerome Powell. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Bank sentral AS kembali menaikkan suku bunga untuk menstabilkan harga di ekonomi terbesar dunia itu. Federal Reserve mengumumkan akan menaikkan suku bunga utamanya sebesar 25 basis poin.

Itu menandai kenaikan terkecil sejak Maret lalu, setelah serangkaian kenaikan suku bunga yang agresif tahun lalu. Tetapi para pejabat bank meminta tetap waspada.

Pergerakan bank diawasi ketat di seluruh dunia karena AS mendorong pergeseran global setelah bertahun-tahun suku bunga rendah yang mengikuti krisis keuangan. Bank of England dan Bank Sentral Eropa diperkirakan akan mengumumkan kenaikan suku bunga.

Melansir BBC, Kenaikan suku bunga yang diumumkan oleh Fed ini mendorong kenaikan suku bunga acuan bank di kisaran 4,5% -4,75% tertinggi sejak 2007. Namun pejabat bank AS mengingatkan risiko perlembatan ekonomi yang menyebabkan lonjakan pemutusan hubungan kerja (PHK).



Tekanan telah meningkat kepada perbankan untuk memperlambat, atau menghentikan kenaikan suku bunga karena biaya pinjaman yang lebih tinggi merugikan sektor-sektor seperti perumahan dan ekonomi AS melambat tajam. Suara-suara itu semakin keras di tengah data terbaru yang menunjukkan inflasi AS turun menjadi 6,5% bulan lalu.

Banyak investor memproyeksikan bahwa bank hanya akan menaikkan suku bunga sekali lagi setelah pertemuan ini. Kepala Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pejabat bank tetap khawatir dengan data yang menunjukkan kenaikan perawatan kesehatan meningkat jauh lebih cepat daripada kecepatan 2% yang dianggap sehat.

Dia mengatakan bahwa bank lebih suka menaikkan suku bunga terlalu tinggi daripada mengantisipasi masalah. "Kami akan membutuhkan lebih banyak bukti untuk yakin bahwa inflasi berada di jalur penurunan berkelanjutan," kata dia.



Proyeksi yang dirilis pada bulan Desember menunjukkan mereka mengira suku bunga acuan bank bisa berdiri di atas 5% pada akhir tahun 2023. Powell menolak untuk mengatakan apakah para pejabat bank AS telah mengubah pandangan mereka, mencatat bahwa ada banyak ketidakpastian tentang prospek tersebut.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)