Fantastis, Transaksi Agen BRILink Nyaris Tembus Rp1,3 Kuadriliun

Sabtu, 04 Februari 2023 - 18:00 WIB
loading...
Fantastis, Transaksi Agen BRILink Nyaris Tembus Rp1,3 Kuadriliun
Santi Anggraini, Agen BRILink asal Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang terus membantu masyarakat membantu literasi keuangan masyarakat desa. FOTO/dok.BRI
A A A
JAKARTA - Transaksi finansial melalui AgenBRILink di sepanjang tahun 2022 nyaris menembus Rp1,3 kuadriliun atau tepatnya mencapai Rp.1.297 triliun. Direktur Utama BRI, Sunarso menyatakan bahwa ini merupakan angka yang fantastis di tengah proses akselerasi akses produk untuk masyarakat di daerah.

"Peran AgenBRILink akan terus didorong untuk memperluas customer base dari BRI dan BRI Group, utamanya terkait Holding Ultra Mikro," kata Sunarso melalui pernyataannya, Sabtu (04/2/2023).



Fakta menarik pertama adalah setiap jam, 10 Orang di Indonesia Bergabung Menjadi Agen BRILink. Hingga akhir Desember 2022, tercatat BRI memiliki 627 ribu Agen BRILink, sementara pada akhir Desember 2021 lalu jumlah Agen BRILink tercatat sebanyak 540 ribu Agen. Artinya, apabila di rata rata dalam setahun, per hari terdapat 240 orang bergabung menjadi AgenBRILink.

Selanjutnya BRILink menghasilan Sharing Economy pendapatan Rp3-4 triliun kepada masyarakat. Disepanjang tahun 2022, AgenBRILink berhasil menyumbangkan Fee Based Income bagi BRI sebesar Rp1,4 triliun.

Sunarso menyampaikan kalau fee yang diterima BRI sebesar Rp 1,4 triliun, artinya yang diterima oleh agen bisa sekitar 2-3 kali, yaitu sebesar Rp3 - Rp4 triliun. "Ini benar-benar sharing ekonomi. Ini adalah implementasi literasi keuangan sekaligus inklusi finansial," imbuh Sunarso.

Fakta selanjutnya, BRILink menghimpun Dana Murah Rp20,6 triliun. Keberadaan Agen BRILink juga memberikan dampak positif terhadap penghimpunan dana murah (CASA yang terdiri dari Giro dan Tabungan) bagi perseroan. Tercatat dana murah yang berhasil dihimpun hingga akhir Desember 2022 sebesar Rp20,6 triliun.

Selanjutnya, BRILink menjangkau 58.896 Desa Seluruh Indonesia. Artinya, Agen BRILink telah mengcover setidaknya 77% total desa yang ada di Indonesia.



Fakta selanjutnya adalah transaksi transfer dan setoran jadi transaksi yang paling sering dilakukan oleh masyarakat melalui AgenBRILink dengan proporsi masing masing 35% dan 24%. Setelahnya secara berurutan diikuti transaksi tarik tunai, pembayaran BRI Virtual Account dan pembayaran tagihan listrik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)