5 Tips Memilih Asuransi Tanggung Gugat agar Manfaat yang Didapat Maksimal

Senin, 06 Februari 2023 - 13:46 WIB
loading...
5 Tips Memilih Asuransi Tanggung Gugat agar Manfaat yang Didapat Maksimal
(Foto/ilustrasi: Freepik)
A A A
JAKARTA - Berapa banyak di antara kamu yang telah mengenal tentang apa itu asuransi tanggung gugat? Walaupun mampu memberi manfaat perlindungan yang sangat penting, tapi mungkin masih belum banyak yang mengetahui tentang asuransi tanggung gugat.

Bisa juga disebut sebagai liability insurance, produk asuransi ini memberi jaminan proteksi terhadap nasabahnya dari risiko mendapatkan tuntutan hukum dari pihak lain terkait aktivitas personal maupun perusahaannya.

Jadi, ketika nasabah melakukan kesalahan atau kelalaian yang menyebabkan kerugian pihak lain hingga muncul tuntutan hukum atas kejadian tersebut, pihak penyedia asuransi tanggung gugat akan menanggung kerugian pihak tertanggung dan memberi jaminan biaya pembelaan secara hukum.

Dengan manfaatnya yang amat penting tersebut, tentu ada banyak pihak dari berbagai profesi yang perlu mengajukan produk asuransi ini. Namun, sebelum itu, kamu perlu memahami apa saja pertimbangan yang harus dilakukan saat akan mengajukan asuransi tanggung gugat agar mampu mendapatkan produk asuransi dengan kualitas terbaik.

Nah, tanpa panjang lebar lagi, yuk simak 5 tips memilih produk asuransi tanggung gugat terbaik agar manfaat yang diberikannya maksimal berikut ini.

1. Periksa Dulu Riwayat dan Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Ketika akan mengajukan produk asuransi, apapun jenisnya, hal pertama yang wajib dipastikan terlebih dulu adalah riwayat dan kredibilitas perusahaannya. Pastikan jika layanan yang ditawarkannya kredibel, terpercaya, dan resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Selain itu, cermati pula apakah pihak perusahaan taat dan selalu menerima serta membayar manfaat klaim yang diajukan oleh para nasabahnya. Informasi tersebut bisa dengan mudah dilihat di internet atau via konsultasi dengan pihak broker asuransi.

Dengan melakukan hal ini, kamu bisa memastikan jika layanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tanggung gugat terpercaya dan mampu memberikan manfaatnya secara optimal.

2. Cek Laporan Finansial Perusahaan
Tips yang kedua, selain memperhatikan legalitas, kredibilitas, dan rekam jejak perusahaan asuransi yang akan dipilih, kamu juga perlu mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan tersebut. Pastikan jika laporan finansial perusahaan asuransi kondusif dan memiliki likuiditas cukup besar untuk menanggung risiko klaim perlindungan dari para nasabahnya.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Tujuannya tidak lain guna meminimalkan risiko gagal bayar atas klaim ganti rugi yang diajukan oleh para nasabahnya. Beberapa tanda yang menunjukkan kesehatan kondisi keuangan perusahaan asuransi adalah rasio solvabilitas melebihi 120 persen, kualitas dan kuantitas aset yang dimiliki cukup besar, dan lain sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)