Wapres Ungkap Dua Langkah Atasi Harga Beras dan Minyak Goreng

Senin, 06 Februari 2023 - 17:45 WIB
loading...
Wapres Ungkap Dua Langkah Atasi Harga Beras dan Minyak Goreng
Wapres Maruf Amin mengatakan pemerintah sudah menyiapkan langkah untuk menekan harga pangan. Foto/SetWapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menegaskan pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok, terutama harga beras dan minyak goreng di pasaran. Langkah-langkah itu seperti menjaga pasokan dan operasi pasar.



“Ya saya kira untuk mengatasi harga pangan ada dua. Pertama, ada kelangkaan pangan, pemerintah sudah menyiapkan beras. Itu beras impor saya kira sudah disalurkan ke berbagai daerah termasuk ke Jawa Timur,” kata Wapres saat ditanya awak media usai memberikan kuliah umum taruna TNI AL, di Gedung Maspardi, Akademi Angkatan Laut (AAL), Bumi Moro, Morokrembangan, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/2/2023).

Bahkan, kata Wapres penyaluran beras yang sudah dimulai itu akan dijadikan langkah untuk menekan harga di pasaran. “Itu sudah mulai untuk menekan harga,” katanya.

Selain itu, Wapres mengatakan kenaikan harga bahan pokok ini juga dipicu menjelang bulan Ramadan sehingga tingkat konsumsi masyarakat juga meningkat. “Dan boleh jadi juga memang ada kenaikan dipicu menjelang bulan puasa, biasanya memang sementara naik.”

Kedua, pemerintah, tegas Wapres, juga akan melakukan operasi pasar untuk mengendalikan kenaikan harga minyak goreng. “Begitu juga minyak goreng, ya pemerintah sedang melakukan operasi untuk kembali supaya minyak gorengnya untuk distribusi rakyat itu tidak terganggu”.

Wapres memastikan pemerintah akan melakukan pengecekan dari produsen khususnya untuk jalur distribusi. “Sedang kita lihat apa dari produsen apa dari distribusi, ada jalur-jalur distribusi. Nah nanti kalau produsennya tidak memproduksi, padahal sudah berjanji, itu tentu akan diambil langkah-langkah. Kalau itu misalnya itu dari distribusi nanti kita akan lihat sebabnya dari mana.”



“Saya kira itu pokoknya pemerintah akan mengambil langkah-langkah bagaimana semua itu terpenuhi dengan baik,” tandasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)