Petani Ini Kekayaannya Rp55 Triliun, 3 Lainnya Tak Kalah Tajir

Sabtu, 18 Juli 2020 - 16:56 WIB
loading...
Petani Ini Kekayaannya Rp55 Triliun, 3 Lainnya Tak Kalah Tajir
Indonesia dari dulu dikenal sebagai negara agraris. Namun petani bukan menjadi pilihan profesi yang favorit. Padahal di negara-negara lain, banyak petani yang bergelimang kekayaan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
INDONESIA dari dulu dikenal sebagai negara agraris. Namun sektor pertanian belum benar-benar dijadikan panglima untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bahkan petani pun bukan menjadi pilihan profesi yang favorit. Apalagi dari dulu posisi petani selalu ‘dikait-kaitkan’ dengan strata sosial bawah dan lekat dengan kemiskinan . Padahal di negara-negara lain, yang notabenenya negara maju, strata sosial petani sama dengan profesi lainnya.

Bahkan banyak petani yang bergelimang kekayaan. Berikut petani-petani terkaya di dunia. (Baca juga: Ekspor Juni Capai USD12,03 Miliar, Komoditas Pertanian Paling Moncer)

1. Stewart dan Lynda Resnick

Petani Ini Kekayaannya Rp55 Triliun, 3 Lainnya Tak Kalah Tajir


Stewart dan Lynda Resnick adalah petani yang berasal dari Amerika Serikat. Usaha pertanian yang mereka rintis berdua itu dimulai sejak 1978, mereka membeli beberapa lahan untuk dijadikan perkebunan jeruk.

Dari usaha pertaniannya, pasangan itu mampu memperoleh kekayaan hingga USD3,9 miliar atau sekitar Rp55 triliun.Usahanya pun semakin besar di bawah bendera Paramount Farms. (Baca juga: Eksportir Muda Berhasil Kirim 1 Ton Jengkol ke Jepang)

2. Harry Stine

Petani Ini Kekayaannya Rp55 Triliun, 3 Lainnya Tak Kalah Tajir


Bermula dari kedelai, Harry Stine mengawali usaha di dunia pertanian tahun 1964. Awalnya dengan bergabung ke bisnis pembersihan kedelai milik ayahnya di Iowa, Amerika Serikat. Selama bekerja di sana, ia memerhatikan beberapa varietas kedelai yang menarik untuk dikembangkan. (Baca juga:Ahli Pertanian Ingatkan Dampak Alih Fungsi Lahan Ciptakan Pemiskinan Baru)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)