Komunitas UMKM Emak-emak Sandi Uno Turut Mendorong Penciptaan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Rabu, 08 Februari 2023 - 16:30 WIB
loading...
Komunitas UMKM Emak-emak Sandi Uno Turut Mendorong Penciptaan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru
UMKM Emak-emak Sandi Uno menggelar pelatihan pembuatan makanan olahan daun kelor ikut mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru. FOTO/dok.Istimewa
A A A
DENPASAR - UMKM Emak-emak Sandi Uno menggelar pelatihan pembuatan makanan olahan daun kelor ikut mendorong penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru yang diinisiasi Menparekraf Sandiaga Uno .

Ketua UMKM Emak-emak For Sandi Uno Bali Yandriani mengatakan pelatihan tersebut merupakan inovasi baru untuk menangkap peluang usaha baru. Melalui proses pengolahan dari barang mentah menjadi siap konsumsi dapat mendorong target 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024.

"Kita mengadakan pelatihan pembuatan olahan makanan yang berdahan dasar daun kelor, yakni ada dua makanan yang dipraktekkan laklak dan cendol. Laklak makanan tradisional Bali biasanya pewarna serta rasanya dari pandan tapi kali ini daun kelor," kata Yandriani di Wistara Family Cafe, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, Rabu (8/2/2023).

"Kelor di Bali sangat banyak, mudah-mudahan akan banyak produk yang berdahan dasar kelor untuk membuka peluang usaha baru, ini merupakan target Pak Sandi pada 4,4 lapangan kerja tercipta di 2024," sambungnya.



Yandriani menjelaskan program ini akan berkelanjutan hingga tahap pelatihan digital marketing. Menurutnya, semakin sering dilakukan pelatihan-pelatihan maka peluang usaha baru akan segera tercipta.

"Kegiatan ini akan terus diadakan pendampingan kedepannya, yaitu digital marketing agar UMKM dapat memasarkan produknya secara luas. Mereka ingin naik kelas dengan menambah ilmunya dan yang belum buka usaha dapat termotivasi dengan adanya pelatihan tersebut," tegas Yandriani.

Salah satu peserta pelatihan Billyane, 63, mengaku program Sandiaga Uno tepat manfaat khususnya bagi pelaku UMKM. Ia pun menyampaikan setelah mengikuti pelatihan akan menambahkan penjualan produk baru.

"Saya sebagai pelaku UMKM tertarik untuk mengikuti pelatihan ini, karena menambah produk saya untuk Moringa semoga dapat terus dilakukan khususnya kami pelaku UMKM membutuhkan wawasan luas," ucap Billyane.



Billyane mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan relawan Sahabat Sandi. Ia berharap kegiatan ini akan diadakan setiap bulannya. "Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Sandiaga Uno dan relawan UKM Sahabat Sandi sungguh sangat membantu banyak kalangan semoga sebulan sekali diadakan programnya," imbuhanya.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) diharapkan peserta pelatihan dapat memanfaatkan peluang usaha yang ada.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2314 seconds (0.1#10.140)