Dipicu Sentimen IKK hingga Ekonomi Asia, IHSG Hari Ini Diprediksi Sideways

Kamis, 09 Februari 2023 - 09:04 WIB
loading...
Dipicu Sentimen IKK hingga Ekonomi Asia, IHSG Hari Ini Diprediksi Sideways
IHSG hari ini diprediksi sideways. Arsip Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini diproyeksikan bergerak variatif (mixed) pada sepanjang perdagangan setelah sebelumnya menguat 0,07% pada sesi terakhir.

Fase sideways dinilai masih membayangi medan indeks komposit, di tengah sentimen kepercayaan konsumen dan sejumlah data makro ekonomi di Asia

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani menilai, penguatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) terdorong kepercayaan masyarakat terhadap kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja. I

Sebagaimana dirilis Bank Indonesia (BI), IKK periode Januari 2023 naik di level 123 alias lebih tinggi dari konsensus dan dari level bulan sebelumnya di 119. "IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range level 6.858-7.000," papar Chisty dalam risetnya, Kamis (9/2/2023).



Sementara itu di Asia, neraca perdagangan Jepang pada Desember 2022 tercatat surplus sebesar JPY33,4 miliar, masih lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar JPY1,8 triliun. Hal ini disebabkan oleh pelemahan nilai tukar mata uang Jepang yang menurun.

Adapun inflasi Filipina pada Januari 2023 tercatat tumbuh di level 8,7% YoY, sebuah level tertinggi dari periode sebelumnya yang tercatat 8,1% YoY dan inflasi tertinggi dalam 14 bulan terakhir.

Head of Technical Analyst BNI Sekuritas, Andri Zakarias Siregar menilai pergerakan variatif bursa Asia terdorong ekspektasi bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve atau The Fed terhadap penurunan inflasi. Di sisi lain, bursa Wall Street masih mencermati musim laporan keuangan.



"Wall street ditutup melemah. Investor fokus terhadap laporan kinerja emiten, juga mempertimbangkan prospek kebijakan the Fed ke depan," paparnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)