Harga Beras Naik, Pedagang Pasar: Terpaksa Tambah Modal

Sabtu, 11 Februari 2023 - 22:14 WIB
loading...
Harga Beras Naik, Pedagang Pasar: Terpaksa Tambah Modal
Pedagang beras di pasar tradisional membenarkan adanya kenaikan harga beras dan menyebut pemicunya adalah gagal panen di sejumlah daerah. Foto/MPI/Dovana Hasiana
A A A
DEPOK - Pemerintah terus berupaya agar harga beras yang mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir bisa ditekan dan dijaga agar stabil.

Mengutip Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, pada Jumat (10/2) harga beras kualitas medium II dibanderol Rp 12.950 per kg dan Rp 13.050 per kg untuk kualitas medium I.

Kenaikan harga ini juga diakui oleh para pedagang beras di pasar. MNC Portal Indonesia (MPI) hari ini menyambangi Pasar Cisalak di Depok, Jawa Barat dan Pasar Cijantung di Jakarta Timur.

Pedagang di dua pasar tersebut mengamini kenaikan harga beras dan menyebut pemicunya adalah gagal panen di sejumlah daerah.

“Naik harganya karena gagal panen. Kemarin kan banyak daerah yang kebanjiran akibat curah hujan yang tinggi,” kata Ali, pedagang beras di pasar Cisalak, Sabtu (11/2/2023).



Menurut pantauan MNC Portal Indonesia, kenaikan harga beras medium dan premium di Pasar Cisalak dan Pasar Cijantung relatif sama.

“Harga beras medium tadinya dijual Rp 8.000 per kg, sekarang jadi Rp 10.000 per kg. Kalau yang premium harganya jadi Rp 12.000 per kg, tadinya Rp 10.000,” beber pedagang beras di Pasar Cijantung, Endah.

Pedagang mengaku terpaksa menaikkan harga. Hal ini dilakukan karena bertambahnya modal yang dikeluarkan untuk membeli beras dari agen.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1584 seconds (0.1#10.140)