Pantau Stok dan Harga Pangan Jelang Ramadhan, Kementan Terjunkan Tim Khusus

Minggu, 12 Februari 2023 - 19:16 WIB
loading...
Pantau Stok dan Harga Pangan Jelang Ramadhan, Kementan Terjunkan Tim Khusus
Memastikan stok kebutuhan pangan di daerah cukup terpenuhi menjelang Ramadhan tahun ini, Kementan akan menerjunkan tim khusus. Foto/Dok
A A A
PALEMBANG - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok kebutuhan pangan di daerah cukup terpenuhi menjelang Ramadhan tahun ini. Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo telah menginstruksikan agar jajarannya di seluruh provinsi dan kabupaten/kota agar mengecek langsung ketersediaan bahan pangan di pasar. Langkah itu, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Kementan pun akan menerjunkan tim khusus untuk memastikan harga pangan pokok dan ketersediaan stok jelang Ramadhan 2023 tetap aman. Syahrul juga mengajak semua pihak menjaga pasokan dan harga pangan jelang hari besar keagamaan tahun ini.

"Tugas Kementan menjaga ketersediaan. Untuk itu saya instruksikan, semua jajaran Kementan dan yang terkait untuk mempersiapkan ketersediaan pangan," ujar Syahrul, Minggu (12/2/2023).

Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) sudah melakukan peninjauan harga dan pasokan sejumlah komoditas di beberapa daerah, salah satunya Sumatera Selatan (Sumsel).

Peninjauan itu berlangsung pada Minggu (12/2/2023) di Pasar Alang Alang Lebar, Palembang. Adapun pengawalan ini dilakukan terhadap 12 bahan pangan pokok termasuk beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula, dan minyak goreng.



Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti menyebut, sejauh ini harga dan ketersediaan terbilang aman, meski ada sedikit perbedaan harga dari satu kios dengan kios lainnya.

"Alhamdulillah kondisinya aman, baik dari aspek harga maupun ketersediaannya, tadi kami melihat beberapa pedagang, ada sedikit perbedaan harga," kata Santi.

Menurut dia, perbedaan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti ketersediaan barang, kondisi barang serta kondisi kios pedagang dan faktor lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)