Kantor Pos se-Asia Pasifik Siap Bangkitkan Bisnis ePacket

Rabu, 15 Februari 2023 - 13:54 WIB
loading...
Kantor Pos se-Asia Pasifik Siap Bangkitkan Bisnis ePacket
Perusahaan jasa pos se-Asia Pasifik melakukan pertemuan di Jakarta. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah dalam gelaran Asia Pacific Post ePacket Steering Committee Meeting & Workshop 2023 pada 8-10 Februari 2023 lalu. Pertemuan yang dihadiri oleh 28 penyelenggara pos se- Asia Pasifik itu membahas isu-isu seputar ePacket seperti, evaluasi kinerja 2022, bisnis plan 2023, dan ekspansi pasar.



Kegiatan ini juga sekaligus memperkenalkan chairman APP tahun 2023 yaitu Hariadi yang merupakan Direktur Operasi dan Digital Service Pos Indonesia.

Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi yang membuka acara tersebut mengatakan di masa kepemimpinan Indonesia tahun ini, APP dapat memberi kontribusi positif baik bagi organisasi maupun bagi Pos Indonesia. Menurut Faizal, terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah menunjukkan bahwa posisi Indonesia penting.

"Tujuan kegiatan ini juga sejalan dengan rencana besar pemerintah Indonesia terkait dukungan UKM untuk menggenjot ekspor di era perdagangan digital, dan bahwa layanan ePacket sangat relevan di tahun-tahun mendatang,” ungkap Faizal, dalam keterangannya, Rabu (15/2/2023).

Pertemuan tahun ini diselenggarakan secara hybrid, 17 peserta dari 8 negara hadir secara fisik, sedangkan 20 negara lainnya hadir secara online. Ini merupakan pertemuan hybrid pertama pasca-pandemi.

Managing Director APP Cooperative Sid Hart optimis pertemuan ini akan banyak membawa dampak positif bagi perkembanngan ePacket. Di masa pandemi volume kiriman rata-rata ePacket mengalami penurunan. Pada kesempatan ini tim mendiskusikan cara untuk mengatasi anjloknya volume ePacket serta merumuskan fitur produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar untuk meningkatkan volumenya.

Layanan e-Packet mulai beroperasi di Indonesia tahun 2018. Sejak awal diluncurkan antusiasme masyarakat terhadap lalyanan ini cukup tinggi. E-Packet dianggap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era e-commerce dengan tarif yang terjangkau.

Minimnya jumlah maskapai yang beroperasi di masa pandemi, menjadikan ePacket dari Indonesia hanya dapat dikirim ke 7 negara tujuan. Sejak Oktober 2022 Pos Indonesia telah kembali membuka rute pengiriman ePacket ke 16 negara tujuan di Asia Pasifik. Kiriman outgoing ePacket dari Pos Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 7,2% pada periode Januari 2023.

Setelah rapat hari pertama, para delegasi berkesempatan mengunjungi Museum Prangko Taman Mini Indonesia Indah. Museum Prangko memamerkan koleksi parngko asal Indonesia dan luar negeri dengan penyajian tematik. Di Museum Pangko para undangan juga disuguhkan musik bambu dari “Saung Angklung Mang Udjo” Bandung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)