OJK Terbitkan Pernyataan Efektif 25 Penawaran Umum Perdana Saham Senilai Rp20,37 Triliun

Rabu, 15 Februari 2023 - 22:13 WIB
loading...
OJK Terbitkan Pernyataan Efektif 25 Penawaran Umum Perdana Saham Senilai Rp20,37 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan surat pernyataan efektif atas pernyataan pendaftaran untuk 25 penawaran umum perdana saham. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan surat pernyataan efektif atas pernyataan pendaftaran untuk 25 penawaran umum. Secara rinci, sebanyak 10 pernyataan efektif untuk penawaran umum perdana saham 6 penawaran umum terbatas (PUT), dan 9 penawaran efek bersifat utang dan/atau sukuk (EBUS). Adapun, total nilai keseluruhan hasil penawaran umum tersebut sebesar Rp20,37 triliun.

“Seiring pulihnya aktivitas perekonomian domestik, aktivitas perhimpunan dana di pasar modal terus meningkat,” kata Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Efek OJK, Ona Retnesti Swaminingrum dalam acara Penghargaan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia 2023, di Jakarta, Rabu (15/2/2023).



Dia mengatakan, pertumbuhan emiten atau perusahaan tercatat tersebut diikuti oleh pertumbuhan investor ritel yang terus meningkat. Di mana per 9 Februari 2023 jumlah investor pasar modal telah mencapai 10,53 juta single investor identification (SID).

Pertumbuhan jumlah investor Indonesia masih didominasi oleh investor berusia di bawah 30 tahun yang mencapai 58,55% dari total investor. Hal ini merupakan pertanda baik bagi perekonomian Indonesia, pasalnya masyarakat sudah melek investasi sejak usia dini.

Untuk mencapai target penghimpunan dana di pasar modal sebesar Rp200 triliun dan pertumbuhan investor ritel sebanyak 10 juta hingga 2027 mendatang, OJK mendorong berbagai pihak seperti Bursa Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) untuk bahu-membahu mengembangkan industri pasar modal Indonesia.



Salah satunya melalui pengadaan Galeri Investasi BEI yang diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pasar modal. Serta, memberikan pemahaman bahwa pasar modal Indonesia merupakan tempat berinvestasi yang aman.

“OJK mengajak seluruh stakeholders pasar modal untuk bersama meningkatkan komitmen, proaktif, kolaboratif dan bertanggung jawab untuk turut mendukung program pemerintah, terutama dalam menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Ona.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)