Penuhi Syarat, Bandara Kertajati Siap Jadi Bandara Haji

Sabtu, 18 Februari 2023 - 21:40 WIB
loading...
Penuhi Syarat, Bandara Kertajati Siap Jadi Bandara Haji
Tim GACA saat meninjau Bandara Kertajati. Foto/Kemenhub
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) memastikan Bandara Kertajati telah siap menjadi bandara penerbangan haji. Bandara tersebut telah memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji setelah dilakukan peninjauan oleh Tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi pada 15 Februari 2023.



Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, kesiapan Bandara Kertajati menjadi bandara embarkasi haji ditempuh melalui pemenuhan standar aspek keamanan dan keselamatan penerbangan, aspek pelayanan serta aspek lainnya seperti pelayanan keimigrasian, kepabeanan dan kekarantinaan (custom, imigration and quarantine/CIQ).

“Tim GACA telah melakukan peninjauan kesiapan layanan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji, dan sejumlah persyaratan yang diminta telah memenuhi standar. Selanjutnya GACA akan mengirimkan surat clearance kepada Ditjen Perhubungan Udara sebagai bukti hasil peninjauan dan pengamatan langsung ke Bandara Kertajati,” ujar Kristi dalam keterangan resminya, Sabtu (18/2/2023).

Dia menekankan, setelah Kemenhub menerima surat clearance, dapat dipastikan musim haji tahun 2023 ini masyarakat Jawa Barat bisa berangkat haji melalui Bandara Kertajati.



“Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dapat berangkat melalui Bandara Kertajati, karena dapat menghemat waktu dan tidak perlu jauh-jauh menempuh jalur darat ke Bandara Soekarno Hatta,” ucapnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2775 seconds (0.1#10.140)