Petani Milenial Binaan Kementan Kawal Stok Cabai Surabaya Raya

Minggu, 19 Februari 2023 - 19:32 WIB
loading...
A A A
Acep Hariri selaku Project Manager Program YESS PPIU Jatim mengatakan bahwa pihaknya bersama Polbangtan Malang berupaya mendukung dan mengawal petani milenial Jatim. “Ke depan, akan dibentuk ekosistem yang merujuk pada setiap klaster komoditas pertanian unggulan, sehingga petani dapat berkolaborasi untuk memperkuat kelembagaan petani milenial,” katanya.

Sebelumnya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan seluruh organisasi pertanian nasional untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik secara harmonis dengan memenuhi kebutuhan pangan berkelanjutan, utamanya oleh petani milenial DPM/DPA sebagai bagian penting regenerasi petani.

“Kita tidak bisa bergerak sendiri. Kementan mendorong DPM dan DPA kolaborasi dengan semua pihak yang visi dan misinya sejalan, menghadirkan model kemitraan agribisnis terintegrasi dari hulu ke hilir, meningkatkan skala ekonomi, pendapatan petani dan meningkatkan produktivitas,” katanya.

Harapan senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa bisnis pertanian wajib berorientasi pasar. “Kebutuhan pangan pokok hal utama dan tidak pernah berkurang. Sudah saatnya agribisnis pertanian berorientasi pada pasar,” katanya.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)