Kapal Layar Raksasa Milik Jeff Bezos Seharga Rp7,52 Triliun Mulai Melaut

Senin, 20 Februari 2023 - 09:24 WIB
loading...
Kapal Layar Raksasa Milik Jeff Bezos Seharga Rp7,52 Triliun Mulai Melaut
Kapal pesiar dengan layar raksasa milik miliarder, Jeff Bezos sepanjang 417 kaki menyentuh lautan terbuka untuk pertama kalinya pada minggu ini. Foto/Dok
A A A
ROTTERDAM - Kapal pesiar dengan layar raksasa milik miliarder , Jeff Bezos sepanjang 417 kaki menyentuh lautan terbuka untuk pertama kalinya pada minggu ini. Pembuat kapal pesiar Oceanco menyebut kapal pesiar dengan layar itu seharga USD500 juta atau setara Rp7,52 triliun (Kurs Rp15.043 per USD).



Kapal tersebut awalnya diberi nama serial internal -Y721- sepanjang proses pengembangan dan pembuatannya selama bertahun-tahun. Saat ini kapal pesiar itu diberikan nama yakni Koru, diambil dari kata Maori yang berarti 'awal baru'.

Koru adalah simbol Maori yang digambarkan dengan bentuk sebagai daun pakis spiral. "Bentuknya yang melingkar menyampaikan gagasan gerakan abadi, dan kumparan ke dalam menunjukkan kembalinya ke titik asal. Oleh karena itu, Koru melambangkan cara hidup berubah dan tetap sama," menurut definisi dari pemerintah Selandia Baru.



Sebelumnya Jeff Bezos sempat bikin heboh lantaran mau membongkar jembatan bersejarah di Kota Rotterdam Belanda, Koningshaven demi kapal pesiar mewahnya bisa lewat. Bahkan Ia mengaku siap membayar biaya pembongkaran jembatan bersejarah itu.

Namun setelah mendapat protes dari publik setempat, niat itu pun diurungkan. Kapal pesiar akhirnya menyesuaikan tiang-tiang yang dipasang.

Setelah dikirim ke pendiri Amazon Jeff Bezos, Koru akan menjadi kapal layar terbesar di dunia. Saat ini kapal tersebut sedang menjalani fase pengujian di laut lepas, yang dianggap sebagai salah satu langkah terakhir sebelum pengiriman.

Channel YouTube penggemar kapal besar Dutch Yachting menerbitkan rekaman pengujian pada awal pekan ini. Kapal pesiar ini memiliki panjang 127 meter dan dek tiga lantai, serta dilengkapi dengan tiga tiang raksasa untuk membentangkan layar-layarnya.

Sebagai informasi kekayaan Jeff Bezos saat ini bernilai USD122 miliar atau setara Rp1.835 triliun menurut data Bloomberg, untuk menjadikannya orang terkaya ketiga di planet ini.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)