Komitmen Jalankan Prinsip ESG, PKT Tembus Peringkat 3 Terbaik Dunia

Selasa, 21 Februari 2023 - 20:57 WIB
loading...
Komitmen Jalankan Prinsip ESG, PKT Tembus Peringkat 3 Terbaik Dunia
PKT terus berkomitmen menerapkan ESG. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Selaras dengan komitmen PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menjalankan prinsip Environmental, Social and Governance ( ESG ) beragam penghargaan, penilaian dan pengakuan baik dalam skala nasional maupun internasional telah sukses diraih. Komitmen PKT untuk menerapkan ESG di semua lini bisnis perusahaan membuahkan rekognisi yang tak bisa dipandang sebelah mata.



Yang terbaru, PKT menempati posisi ketiga dari 67 perusahaan pada sub-industri agricultural chemicals di seluruh dunia dalam penilaian ESG Risk Rating. Selain itu juga, di penilaian yang sama, per tanggal 17 Januari 2023, PKT menempati posisi ke-40 dari 540 perusahaan industri kimia di dunia dan peringkat 4.975 dari 15.635 perusahaan di seluruh dunia.

Dari hasil asesmen Lembaga ESG Rating, Morningstar Sustainalytics, PKT mendapatkan skor 21,9, sehingga PKT dinilai memiliki risiko medium dalam mengalami dampak keuangan material dari faktor-faktor ESG. Hal ini membawa PKT unggul dari beberapa BUMN lainnya di Indonesia yang performanya juga turut diukur di penilaian serupa.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan di usia PKT yang ke-45, ESG menjadi suatu keharusan yang sudah dijalankan perusahaan sejak dulu, bahkan sebelum ada istilah ESG itu sendiri. PKT selalu memperhatikan aspek lingkungan dan manfaat perusahaan bagi para stakeholder dan masyarakat sekitar.

"Dengan menempati posisi ke-3 dari perusahaan pada bidang agricultural chemical di dunia, tentu raihan ini menjadi suatu kebanggaan bagi PKT yang harus kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan,” kata Rahmad dalam keterangannya, Rabu (22/2/2023).

Komitmen PKT terhadap ESG telah diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Terkait dengan environment, PKT telah melakukan penanaman mangrove sebanyak 53.000 pohon per November 2022. Selain itu juga, PKT melakukan penanaman bibit pohon sebanyak 2.810 bibit. Dalam penerapan di area perusahaan, PKT juga telah menggunakan kendaraan listrik untuk kegiatan operasional perusahaan, serta menggunakan PLTS atap yang mampu menghemat 20-30 persen kebutuhan energi PKT di area perkantoran.

Dalam menerapkan prinsip social dalam ESG, PKT tentunya juga bekerja sama dengan pihak eksternal, baik komunitas, instansi dan lembaga pemerintahan lainnya dan terutama masyarakat sekitar. Dalam program penanaman bibit pohon, PKT melakukan kegiatan Community Forest yang bekerja sama dengan Kostrad TNI AD.

"Selain bertujuan untuk penyerapan emisi karbon, program Community Forest juga ditargetkan untuk perlindungan keanekaragaman hayati, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi penanaman, dan memberi nilai tambah ekonomi pada lahan yang kurang produktif," jelas Rahmad.

Hasil penilaian positif yang diraih PKT dalam bidang ESG menambah daftar pencapaian serupa yang sebelumnya telah diterima. Tahun 2022 lalu, PKT meraih predikat Leadership AAA pada ajang Environmental, Social and Governance (ESG) Disclosure Awards 2022. Selain itu, ada pula penghargaan TrenAsia ESG Excellence 2022 untuk Industri Petrokimia kategori Action.



“Dalam setiap aspek operasional perusahaan, PKT selalu memperhatikan kebermanfaatan perusahaan terhadap lingkungan, masyarakat maupun stakeholder. Raihan penghargaan dan pengakuan dari banyak pihak terkait komitmen PKT dalam penerapan ESG ini pun akan selalu memicu semangat kami untuk kian berkembang ke depannya,” pungkas Rahmad.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3308 seconds (0.1#10.140)