Kementerian PUPR Siap Buka Lelang 3 Paket Baru Pembangunan Jalan Tol di IKN

Kamis, 23 Februari 2023 - 08:50 WIB
loading...
Kementerian PUPR Siap Buka Lelang 3 Paket Baru Pembangunan Jalan Tol di IKN
Foto udara proyek pembangunan Intake Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/2/2023). FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Direktur Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan akan segera dibuka lelang 3 paket baru untuk kelanjutan pembangunan jalan tol di IKN (Ibu Kota Nusantara).

Hedy mengatakan ketiga paket tersebut merupakan kelanjutan dari pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), yakni seksi 1, seksi 5B dan seksi 6 akan dilakukan lelang pekerjaan pada tahun 2023. "Kita harapkan pembangunan selesai, ini selesai juga di tahun 2024," ujar Hedy dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/2/2023).

Lihat Foto: Capai 88,5 Persen, Begini Progres Pembangunan Intake Sepaku di IKN

Adapun saat ini, Hedy melaporkan bahwa pembangunan tol di IKN sudah dilakukan untuk tiga segmen, yaitu segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan segmen 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km akan rampung akhir 2024. "Untuk di seksi 4 disiapkan pembangunan terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga lingkungan," kata Hedy.

Lebih lanjut, Hedy menambahkan pembangunan Terowongan itu akan dibuat pracetak di luar dan tinggal instalasi di dalam negeri. Sehingga tidak memerlukan waktu konstruksi yang lama untuk instalasinya. Selain itu, pembangunan seksi 4 juga akan disediakan dua lintasan untuk mobilitas satwa setempat. "Jadi ada semacam terowongan pendek, untuk jalur khusus hewan," sambungnya.



Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengingatkan kepada para kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas agar terus tetap memperhatikan aspek lingkungan dalam seluruh tahapan proses pembangunan IKN.

"Pekerjaan IKN ini bukan hanya pekerjaan teknik (civil works), tapi juga art works. Jangan sembarangan memotong pohon, karena waktu pekerjaannya pendek. Lahan yang terbuka dan tidak tersentuh konstruksi lagi harus segera ditanami kembali," kata Basuki.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)