Strategi Mendorong Hilirisasi Produk Perikanan

Jum'at, 24 Februari 2023 - 15:09 WIB
loading...
Strategi Mendorong Hilirisasi Produk Perikanan
Hilirisasi produk perikanan harus tetap menggandeng nelayan kecil. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Aruna, integrated fisheries commerce dan supply chain aggregator di Indonesia yang merevolusi rantai pasok perikanan Indonesia, terus berupaya memperkenalkan varian komoditas perikanan yang telah diproduksi secara berkualitas dan memenuhi standar Good Manufacturing Product (GMP). Strategi yang merupakan langkah hilirisasi produk perikanan itu dilakukan dengan menggelar buyer gathering.



Aruna juga ingin menyediakan produk perikanan kualitas ekspor bagi masyarakat Indonesia. Melalui ekosistem bisnis yang berkelanjutan dan teknologi yang Aruna kembangkan, Aruna ingin menjadikan laut sebagai sumber penghidupan yang lebih baik bagi semua, terutama nelayan dan masyarakat pesisir. Sejauh ini, sudah ada 40.000 nelayan yang Aruna berdayakan.

Djong Niti Sastro, Vice President Sales Aruna, mengatakan pihaknya ingin menggaungkan gerakan RevolusiProtein melalui konsumsi seafood secara reguler. Seafood by Aruna merupakan produk seafood segar, sehat, dan berkualitas yang berasal langsung dari nelayan lokal di seluruh wilayah Indonesia dan ditangkap dengan prosedur yang ramah lingkungan.

Strategi Mendorong Hilirisasi Produk Perikanan


"Mulai dari tuna loin, udang kupas, tenggiri steak, hingga rajungan yang di-pasteurized. Tentu akan lebih berdampak apabila perusahaan yang memproduksi seafood tersebut juga telah memiliki kredibilitas pertanggungjawaban yang unggul, baik secara lingkungan maupun community development,” kata Djong Niti, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 924/2/2023).

Selfia, sebagai salah satu buyer dari Autogrill Indonesia, mengungkapkan, sebagai existing customer dari Seafood by Aruna, dirinya merasakan kualitas produk Aruna yang dapat diacungi jempol. Setelah mengikuti agenda buyer gathering, Selfia secara personal jadi mengerti ternyata rantai pasok yang semula panjang, kini lebih efektif dan efisien.

"Dari nelayan, langsung ke konsumen, baik konsumen in bulk dan retailer. Bisa dilihat bahwa Aruna berupaya untuk mempraktikkan fokus KKP saat ini, yakni hilirisasi industri perikanan, tanpa menyingkirkan nelayan-nelayan berskala kecil. Inilah yang kita sebut sebagai inklusi ekonomi,” kata Selfia.



Untuk diketahui, beberapa nama yang telah menjadi loyal customer Aruna adalah Boga Group, Swiss-Belhotel, dan Kitchenette dari kategori Food Service; Market City, Transmart, dan Lotte Mart dari kategori Modern Trade; serta Japfa, Sayurbox, dan Eden Farm dari kategori e-commerce.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)