Kemenperin Dorong Penggunaan Produk Keramik Lokal

Sabtu, 25 Februari 2023 - 15:59 WIB
loading...
Kemenperin Dorong Penggunaan Produk Keramik Lokal
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) saat menghadiri pameran Keramika Indonesia dan Megabuild Indonesia 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ) terus mendorong penyerapan produk dalam negeri, salah satunya keramik, untuk proyek-proyek pemerintah. Untuk itu Kemenperin membantu produk-produk dalam negeri agar bisa cepat mendapatkan sertifikasi.



“Beberapa regulasi berkaitan dengan kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri sudah kami tuangkan, termasuk regulasi penjumlahan nilai bobot TKDN dan bobot manfaat perusahaan (BMP) paling sedikit 40%,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka pameran Keramika Indonesia dan Megabuild Indonesia 2023 di Jakarta, dikutip Sabtu (25/2/2023).

Keramika Indonesia dan Megabuild Indonesia 2023 digelar untuk mempertemukan para pelaku dari pasar industri dengan kalangan profesi terkait, seperti arsitek, desainer interior, kontraktor, dan teknisi. Pameran ini menghadirkan 400 merek dari 12 negara yang berpartisipasi, salah satunya adalah Sun Step Power Ceramics, produsen lokal.

Pada pameran yang juga didukung Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan ini, Sun Step memajang beberapa produk yang salah satunya merupakan hasil kerja sama dengan seniman, I Made Sukanandi. Karya seniman yang bermukim di Yogyakarta itu dicetak di porcelain tile dengan berbagai macam permukaan, seperti di matt carving, matt carving granilia, serta glossy polished.

“Pameran ini menjadi salah satu ajang bagi Sun Power Ceramics untuk melakukan launching beberapa produk unggulan terbaru, antara lain Sun Step Stop (produk R12 soft touch), Mixture (produk kombinasi dari permukaan matt, glossy polished) dan Infinity (produk yang dapat menciptakan pola berulang meskipun dengan pemasangan acak,” ujar Vidya Damayanti selaku Manager Marketing PT Sun Power Ceramics.

Vidya melanjutkan, di pameran keramik terbesar di ASEAN ini, PT Sun Power Ceramics mengusung tema "The Power of Arts" untuk menyampaikan ke pengunjung bahwa tidak ada batasan media untuk sebuah karya seni yang dipamerkan. Salah satunya adalah berkreasi dan melakukan eksplorasi seni dengan menggunakan media tiles.

Sun Power akan menampilkan seluruh koleksi motifnya termasuk koleksi motif Wood, Stone, Dekoratif dan Marble. Produk itu tersedia dengan berbagai ukuran dari 30Ă—60 cm, 60Ă—60 cm, dan 120x60cm. Juga berbagai kategori jenis finishing produk dari permukaan Matt, Glossy, Structure dan Granilia.

Sun Power Ceramics adalah salah satu produsen ubin lantai keramik di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2012 di Indonesia. Perusahaan ini memiliki pengalaman di bidang keramik selama lebih dari 45 Tahun di negara Taiwan, Bangladesh dan Indonesia.

Kelebihan produk Sun Power adalah sudah memiliki setifikat, SNI ISO 13006, Green Label, SIRIM dan TKDN dengan nilai yang mencapai 79,98%, sehingga sudah sesuai dengan standar internasional. Tak hanya itu Sun Power juga lolos uji ketahanan noda, scratch dan tahanbending.



"Semua jenis motif Sun Power akan bisa dilihat di booth Sun Power Hall A-13 pada event Keramika tanggal 23 – 26 Februari 2023," tandas Vidya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)