Bisnis Ikan Hias Banyak Dilirik, RI Ekspor Banana Koi ke Malaysia hingga Amerika

Minggu, 26 Februari 2023 - 20:47 WIB
loading...
Bisnis Ikan Hias Banyak Dilirik, RI Ekspor Banana Koi ke Malaysia hingga Amerika
Pengusaha ikan koi yang juga merupakan kader Partai Perindo, Paulus A Kurniawan dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan di kanal YouTube Partai Perindo, Minggu (26/2/2023). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pengusaha ikan koi yang juga merupakan kader Partai Perindo, Paulus A Kurniawan Budhi mengatakan, Indonesia merupakan salah satu eksportir beberapa jenis ikan koi.

Beberapa negara tujuan ekspor ikan hias air tawar tersebut antara lain Amerika Serikat (AS), Malaysia, Vietnam dan Brunei Darussalam. Menurut Paulus, saat ini ikan koi sudah menjadi industri sehingga sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.

"Karena bahkan koi di Indonesia ini kita sudah bisa mengekspor ke luar negeri. Walaupun kita masih impor untuk top quality-nya dari Jepang tapi kita sudah bisa ekspor," ungkapnya dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan di kanal YouTube Partai Perindo, Minggu (26/2/2023).



Menurut dia, keberhasilan Indonesia dalam mengekspor ikan koi salah satunya karena didukung oleh kemajuan teknologi, sehingga memudahkan para pengusaha ikan koi dalam mengembangkan ikan peliharaannya.

"Sekarang berkembang jauh karena kita dibantu teknologi jadi sudah lebih mudah. Sekarang kita sudah punya auto feeder dan filtrasi juga modern, macam-macam, pakan pun sudah berkembang," terang Paulus.



Adapun salah satu jenis ikan koi yang sering diekspor dari Indonesia adalah ikan koi jenis banana. Paulus menyebut ikan koi banana ini merupakan varietas lokal yang berhasil dikembangkan dan diciptakan di Indonesia.

"Salah satunya yang menjadi contoh yang benar-benar asli dari Indonesia kita bilangnya adalah banana koi, karena bentuknya kayak pisang warna kuning ada hitamnya. Itu kita ekspor," bebernya.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)