Cuan! Usaha Ikan Koi Hasilkan Keuntungan Ratusan Juta dan Ciptakan Lapangan Kerja

Minggu, 26 Februari 2023 - 22:53 WIB
loading...
Cuan! Usaha Ikan Koi Hasilkan Keuntungan Ratusan Juta dan Ciptakan Lapangan Kerja
Pengusaha ikan koi yang juga merupakan kader Partai Perindo, Paulus A Kurniawan (kiri) dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan di kanal YouTube Partai Perindo, Minggu (26/2/2023). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Bisnis ikan hias air tawar seperti ikan koi jika ditekuni dan dikelola dengan baik tak hanya menghasilkan keuntungan yang menggiurkan namun juga mampu membuka lapangan kerja.

Pengusaha ikan koi yang juga merupakan kader Partai Perindo, Paulus A Kurniawan Budhi mengatakan, usaha ikan koi yang dijalaninya selain mampu membuahkan cuan juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Contohnya kita punya usaha membuat kolam aja itu udah bisa menjadi bisnis, jadi bisa membuka lapangan pekerjaan tentunya dan sejauh ini cuan juga," ungkapnya dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan di channel YouTube Partai Perindo, Minggu (26/2/2023).

Keuntungan yang diraih Paulus pun tak tanggung-tanggung, bisa mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Hal itu yang akhirnya mendorong banyak orang tertarik untuk mulai menjalani bisnis ikan koi ini.

"Akhirnya sekarang lagi banyak orang bangun kolam dan akhirnya bisnis koi ini adalah salah satu bisnis yang mulai dilirik orang karena peminatnya banyak," bebernya.



Dia pun lantas membagikan tips bagi para pemula yang ingin memulai usaha khususnya bisnis budidaya ikan koi. Paulus menuturkan, langkah pertama harus berani mencoba terlebih dahulu. Untuk meminimalisir modal yang dikeluarkan, bisa dimulai dengan media yang sederhana seperti kolam dari terpal.

"Enggak usah yang gede-gede ya, minimal mungkin kita kalau untuk mau coba-coba mungkin kolam terpal ukuran 1x2 meter, yang penting dalamnya minimal 1 meter kedalaman air kalau misalnya kita berbicara yang termurah," urainya.



Kemudian jika sudah dirasa siap, barulah membuat kolam dengan minimum kedalaman kolam 1,5 meter agar ikan koi bertumbuh dengan baik. "Kalau bikin kolam kita berharap minimal kedalamannya 1,5 meter supaya koinya juga besar-besar," terang Paulus.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)