5 Legenda Harta Karun Tersembunyi di Rusia, Jadi Target Perburuan hingga Kini

Senin, 27 Februari 2023 - 11:12 WIB
loading...
5 Legenda Harta Karun Tersembunyi di Rusia, Jadi Target Perburuan hingga Kini
Sebagaimana legenda dikisahkan, disitulah Rusia menyimpan banyak harta karun yang keberadaannya masih menjadi misteri. Berikut 5 misteri harta karun Rusia yang jadi target perburuan. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Sebagaimana legenda dikisahkan, disitulah Rusia menyimpan banyak harta karun yang keberadaannya masih menjadi misteri. Renovasi bangunan di Ibukota Rusia pada tahun 90-an telah membawa banyak benda bersejarah terungkap ke mata publik.



Salah satunya penemuan pada Mei 2017 lalu, saat 10 koin perak ditemukan di dalam bidak catur yang terbuat dari gading asal Abad ke-16. Pada zamannya koin tersebut mungkin hanya cukup untuk membeli makanan, tapi kini Ia tersimpan di salah satu museum bersejarah di Moskow.

Sementara itu seperti dikutip dari rbth, temuan kecil dan unik menjadi umum dimana ada harta yang lebih berharga tersembunyi di beberapa sudut Rusia. Mereka jelas tidak mudah ditemukan dan menjadi target para pemburu harta karun. Berikut 5 misteri harta karun Rusia yang melegenda.

1. Perpustakaan Ivan the Terrible

Salah satu harta paling legendaris di Ibukota Rusia yakni, Perpustakaan Ivan the Terrible (1548-1574) yang hilang dan mungkin telah disembunyikan. Seperti ceritanya, kumpulan naskah dan buku yang dikumpulkan oleh penguasa Bizantium ini diberikan sebagai mas kawin untuk Sophia Palaeologus, keponakan Kaisar Bizantium terakhir, yang menikah dengan Pangeran Rusia Ivan Agung (1462-1505) pada tahun 1472.



Diyakini bahwa koleksi tersebut merupakan bagian yang lebih besar dari Perpustakaan Konstantinopel yang diselamatkan dari Turki pada tahun 1453 dan beberapa manuskrip dari Perpustakaan kuno Alexandria. Perpustakaan disimpan di ruang bawah tanah Kremlin agar aman dari kebakaran yang sering terjadi, dan kemudian di bawah Pangeran Vasili III (1505-1533) buku-buku itu diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia.

Dipercayai bahwa perpustakaan itu hilang pada abad ke-16 ketika Ivan the Terrible memindahkannya ke Alexandrovskaya Sloboda di Wilayah Vladimir. Sejak saat itu, banyak arkeolog telah mencari perpustakaan di Sergiev Posad, Alexandrov, Wilayah Vladimir, dan tempat-tempat lain yang sebelumnya di bawah pengaruh Tsar.

2. Harta Sigismund III Vasa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)