Sinergi Mengembangkan Industri Baterai Kendaraan Listrik

Minggu, 26 Februari 2023 - 11:40 WIB
loading...
Sinergi Mengembangkan Industri Baterai Kendaraan Listrik
Sejumlah perusahaan terus bersinergi untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Produsen kendaraan motor listrik di Indonesia dengan merek Selis, PT Juara Bike (JB), yang merupakan anak usaha PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS), meneken kerja sama dengan perusahaan penyedia baterai industri PT Sentramitra Dayautama. Kedua perusahaan menjalin kemitraan strategis untuk mengembangkan baterai motor listrik .



Penandatanganan kerja sama ini dilakukan pada Sabtu kemarin (25/2/2023), di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Direktur Utama SLIS Edi Hanafiah Kwanto mengatakan, kerja sama ini dilakukan sebagai wujud komitmen perseroan untuk ikut mendorong terlaksananya Indonesia menuju zero emission (nol emisi). Selain itu, perseroan juga mendukung tersedianya ekosistem EV sehingga dapat mendorong peningkatan volume penggunaan kendaraan listrik.

“Kedua perusahaan punya visi yang sama demi pengembangan kendaraan listrik. Salah satunya yakni ketersediaan baterai motor listrik. Saat ini tahapannya masih dalam perencanaan awal,” kata Edi, dalam keterangan resmi diterima Minggu (26/2/2023).

Edi menjelaskan, JB akan fokus menambah produk dan tipe terbaru serta terus menggejot penjualan. Apalagi tren industri EV bakal semakin naik, seiring terbitnya Inpres No. 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Sejalan dengan pengembangan produk, pada 16 Februari 2023 lalu, Selis meluncurkan produk baru yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu Selis GO Plus yang bisa tempuh 140 km dengan dua baterai Lithium Ion dan menggunakan motor yang kuat sebesar 2.000 Watt.

Sentramitra sendiri adalah perusahaan penyedia baterai industri yang sudah berpengalaman hampir 30 tahun. Pada awalnya Sentramitra fokus pada teknologi baterai kering SLA (sealed lead acid) yang mudah didaur ulang untuk produk UPS. Sentramitra sudah mempersiapkan teknologi baterai lithium sejak 6 tahun yang lalu untuk menyambut era kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Belajar dari pengalaman yang ada, Sentramitra mempelajari teknologi baterai lithium yang mempunyai safety dan durability yang tinggi.

Melalui kerja sama ini, tipe baterai lithium yang dikembangkan adalah Battery Go Plus dengan kapasitas 60V 75AH. Tipe baterai ini merupakan tipe unggulan yang memiliki keamanan tinggi dan ketahanan baterai lebih lama.

Keunggulan itu merupakan sebuah kemajuan pengembangan teknologi yang menghasilkan jarak tempuh lebih jauh hingga 180 km. Dengan ketahanan baterai long range ini, tentu saja perusahaan logistik mulai melirik kendaraan listrik sebagai kendaraan mobilitas dan operasionalnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2656 seconds (0.1#10.140)