Sandiaga Uno Dorong UMKM Cirebon Go Global Melalui Pemasaran Digital

Rabu, 01 Maret 2023 - 14:42 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dorong UMKM Cirebon Go Global Melalui Pemasaran Digital
Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri pelatihan pemasaran digital pelaku ekonomi kreatif, di Grage City Mall Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023). FOTO/Abdul Rohman
A A A
CIREBON - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus mendorong digitalisasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM . Transformasi digital akan meningkatkan daya saing UMKM.

"Kita roadshow bertemu dengan pelaku UMKM dengan produk yang sudah sangat berkualitas. Sebab itu kita, dorong produk ekonomi kreatif untuk terus bertransformasi digital agar daya saingnya semakin kuat," ujar Sandiaga saat menghadiri pelatihan pemasaran digital Ekonomi Kreatif (Ekraf), di Grage City Mall Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023).



Sandiaga mengatakan pertumbuhan UMKM di Cirebon sangat kuat sehingga termotivasi menghadiri pelatihan tersebut. Melalui pelatihan pemasaran digital, Sandiaga optimistis banyak UMKM akan banyak menembus pasar global.

Tak hanya itu, dengan daya saing yang kuat dan pemasaran yang bagus UMKM akan terus tumbuh sehingga diharapkan menciptakan banyak lapangan kerja baru. Sebagaimana diketahui, Menparekraf Sandiaga Uno menargetkan 4,4 juta lapangan kerja di 2024 mendatang. "Peserta yang ikut pelatihan ada 50 orang ini bisa tercipta 200 lapangan kerja," kata dia.

Dia menyebut bahwa Cirebon memiliki produk unggulan UMKM seperti fesyen, kerajinan tangan hingga kuliner. Sementara fesyen berkontribusi mencapai 60% didominasi oleh batik motif daerah. "Produk unggulan utama di Cirebon ini fesyen dengan kontribusi mencapai 60% lebih dibandingkan produk lain," kata dia.



Sandiaga optimistis melalui pelatihan digital menjadi solusi produk daerah di Cirebon go internasional. "Saya sangat optimistis dengan adanya pelatihan pemasaran berbasis digitalisasi ini usaha dapat meningkat dan dapat menembus padar global," tutur Sandiaga.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)