Begini Perbandingan PDB Negara Anggota BRICS dan G7

Kamis, 02 Maret 2023 - 14:14 WIB
loading...
Begini Perbandingan PDB Negara Anggota BRICS dan G7
BRICS dan G7 merupakan dua organisasi antarnegara yang memiliki ekonomi besar. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - BRICS dan G7 merupakan dua organisasi antarnegara yang memiliki ekonomi besar. Kedua organisasi ini memiliki fokus pembahasan yang sama yakni, tentang masalah ekonomi dan keuangan global.

Berangkat dari hal tersebut banyak yang membandingkan antara ekonomi anggota BRICS dan G7. Terlebih adanya BRICS ETF yang mempengaruhi ekonomi keduanya.

Sejak awal abad ke-21, negara-negara BRICS telah dianggap sebagai lima negara berkembang terdepan di dunia. Awalnya, istilah BRICS digunakan oleh para ekonom ketika berbicara tentang negara berkembang di Brasil, Rusia, India, dan China.

Baca juga : Bukan cuma Urusan Ekonomi, Ini Alasan Rusia Bergantung pada BRICS

Namun, negara-negara ini telah mengadakan KTT tahunan sejak 2009, dan grup tersebut telah diperluas hingga mencakup Afrika Selatan sejak 2010.

Dikutip dari statista, China memiliki PDB terbesar negara BRICS, sebesar USD16,86 triliun pada 2021. Sedangkan negara anggota lainnya semuanya di bawah USD 3 triliun.

Gabungan, blok BRICS memiliki PDB lebih dari USD 24,73 triliun pada tahun 2021. Dengan jumlah tersebut menjadikan organisasi sedikit lebih banyak dari Amerika Serikat.

Sementara itu, pada tahun 2021 negara-negara G7 Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris Raya, dan Amerika Serikat menguasai 30,7 persen produk domestik bruto (PDB) global.

Namun pada tahun 2027, angka itu diproyeksikan turun menjadi 27,95 persen. Salah satu indikator penurunannya terjadi pada negara Inggris yang mengalami resesi ekonomi.

Menurut World Economic Forum, Inggris diperkirakan menjadi satu-satunya negara G7 yang jatuh ke dalam resesi pada tahun 2023. Bahkan prospeknya sekarang lebih buruk daripada Rusia yang terkena sanksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2831 seconds (0.1#10.140)