Sinergi Logistik Antara Induk BUMN dengan Anak Perusahaan

Jum'at, 03 Maret 2023 - 20:36 WIB
loading...
Sinergi Logistik Antara Induk BUMN dengan Anak Perusahaan
PT Krakatau Jasa Logistik diberi kepercayaan untuk mengelola kegiatan pergudangan produk jadi milik PT Krakatau Steel Tbk. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Anak usaha PT Krakatau Bandar Samudera ( KBS ), PT Krakatau Jasa Logistik (KJL), diberi kepercayaan untuk mengelola kegiatan pergudangan produk jadi milik PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) dengan memanfaatkan produk warehouse management system (WMS). Asisten Direktur Operasi KJL Dicky Rizki Noverdhi memastikan dengan meningkatnya produksi Krakatau Steel , maka meningkat pula volume pengiriman barang ke konsumen.



“Hal tersebut perlu dukungan sistem pergudangan yang terdigitalisasi agar kinerja pengiriman barang juga dapat mengimbangi peningkatan produksi,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima, Jumat (3/3/2023).

Manfaat dari digitalisasi WMS mencakup data yang lebih akurat, menghindari barang hilang (lost inventory), kecepatan picking order, meningkatkan kapasitas volume pengiriman barang, dan mendukung manajemen memberikan informasi secara cepat dan akurat untuk pengambilan keputusan.

Dicky mengatakan WMS merupakan salah satu fitur dari Krakatau Integrated Logistic Solution (KILOGS) yang merupakan aplikasi digitalisasi logistik yang saat ini sedang dikembangkan KJL untuk menjawab kebutuhan pelanggan terhadap kecepatan informasi dan kebutuhan data untuk peningkatan kinerja.

“Selain WMS, KILOGS juga memiliki fitur lainnya seperti VMS (Vendor Management System), TMS (Transport Management System) dan SCF (Supply Chain Financial),” paparnya.



Adapun pengiriman produk jadi KRAS terbagi dalam area domestik dan ekspor. Domestik di antaranya ke area Jabotabek, Jabar, Jateng, Jatim, dan antar-pulau seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi. Ekspor ke beberapa negara Asia, Timur Tengah, Australia, dan Eropa.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)