alexametrics

Produksi Industri Jepang Juli Tak Terduga Jatuh

loading...
Produksi Industri Jepang Juli Tak Terduga Jatuh
Produksi industri Jepang pada Juli secara tidak terduga mengalami penurunan cukup tajam. Foto: Ilustrasi/istimewa
A+ A-
TOKYO - Produksi industri Jepang pada Juli tidak terduga turun, dan mengkhawatirkan lantaran persediaan tinggi sementara permintaan luar negeri melemah bisa menghambat pemulihan ekonomi dari kemerosotan pada kuartal kedua.

Seperti dikutip dari Reuters, Senin (31/8/2015), produksi industri Jepang pada Juli turun 0,6% jauh lebih buruk dari perkiraan median untuk peningkatan 0,1%, di mana pada bulan lalu naik 1,1%.

Perekonomian diperkirakan akan pulih pada Juli-September setelah terjadi kontraksi pada kuartal sebelumnya.



"Perkiraan PDB kami sudah di bawah konsensus, tetapi risiko ke downside. Hal ini bahkan mungkin bagi perekonomian berkontraksi pada kuartal ketiga," kata Hiroshi Shiraishi, ekonom senior di BNP Paribas Securities.

Shiraishi mengharapkan ekonomi tumbuh secara tahunan 0,6% pada Juli-September. Estimasi median dalam jajak pendapat Reuters diambil sebelum data output menempatkan pertumbuhan tahunan sebesar 2,2%.

Beberapa anggota Partai Demokrat Liberal Jepang sudah mulai berbicara tentang kompilasi langkah-langkah stimulus ekonomi baru.

Hal tersebut juga merupakan waktu yang menegangkkan bagi Bank of Japan karena mengandalkan percepatan dalam pertumbuhan ekonomi untuk mendorong harga konsumen untuk target inflasi 2%.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak