Kolaborasi Bank Digital dan Fintech Mempermudah Akses Kredit ke Pelaku Usaha Kecil

Selasa, 07 Maret 2023 - 11:43 WIB
loading...
Kolaborasi Bank Digital dan Fintech Mempermudah Akses Kredit ke Pelaku Usaha Kecil
Gabungkan kelebihan Bank Digital dan platform Fintech, diharapkan bisa memperluas layanan keuangan bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Memudahkan akses keuangan bagi pelaku usaha kecil, PT Kredit Utama Fintech Indonesia (RupiahCepat) dengan PT Bank Seabank Indonesia (Seabank) berkolaborasi dengan nilai kerja sama pembiayaan sebesar Rp50 miliar. Gabungkan kelebihan Bank Digital dan platform Fintech , diharapkan bisa memperluas layanan keuangan bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan

Kerja sama ini telah diteken pada 8 Desember 2022 oleh Direktur Utama (Dirut) PT SeaBank Indonesia Sasmaya Tuhuleley dan Direktur Bisnis Junedy Liu dengan Dirut RupiahCepat, Yolanda.



Dirut RupiahCepat, Yolanda menjelaskan, layanan pembiayaan multiguna yang disediakan untuk memainkan peran dalam menggerakkan sektor riil serta berpotensi membantu pemulihan ekonomi nasional dalam menghadapi isu krisis.Menurutnya fasilitas pembiayaan dapat membangkitkan semangat pelaku usaha untuk berkembang juga mendorong peningkatan daya beli masyarakat.

"Kami berkomitmen memberikan kemudahan akses keuangan untuk membantu ratusan juta masyarakat Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami optimis mampu mengakselerasi inklusi keuangan dan mempermudah akses kredit kepada para pelaku ekonomi riil," kata Yolanda dalam keterangannya, Senin (6/3/2023).



Dijelaskan Yolanda, melalui kolaborasi channeling ini merupakan bukti nyata dalam meningkatkan kapasitas kredit sehingga masyarakat yang tidak terlayani oleh bank diantaranya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat menggunakan aplikasi RupiahCepat yang dengan mudah dapat mereka akses melalui smartphone.

Selain kolaborasi channeling dengan beberapa perbankan terkemuka di Indonesia, pada tahun depan RupiahCepat juga akan mengadakan RCPreneur (Penghargaan kepada UMKM terpilih, untuk diberikan permodalan dalam mengembangkan bisnisnya).

Langkah ini juga menjadi upaya untuk terus berkontribusi dalam peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB), diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar, menjangkau basis pengguna yang lebih luas, meningkatkan pengalaman, serta kepuasan pengguna RupiahCepat.

"RupiahCepat sebagai platform aplikasi pinjam meminjam berbasis teknologi informasi dengan lebih dari empat juta pengguna sejak pertama didirikan tahun 2018, berfungsi sebagai platform keuangan masyarakat umum dan UMKM yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Surat Keputusan Nomor : KEP-132/D.05/2019," tutupnya.

Dirut PT SeaBank Indonesia, Sasmaya Tuhuleley berharap, dengan kolaborasi bersama RupiahCepat sebagai pelaku ekonomi digital menjadi langkah konkret memberikan layanan keuangan bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan.

"Serta bagi masyarakat yang sulit untuk mendapatkan akses keuangan. Kolaborasi ini juga memberikan sisi positif atas transformasi perkembangan ekonomi digital di Indonesia," ucapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)