Kemenkeu Perpanjang Bansos Corona Hingga Akhir Tahun

Jum'at, 17 Juli 2020 - 13:05 WIB
loading...
Kemenkeu Perpanjang Bansos Corona Hingga Akhir Tahun
Pemerintah memperpanjang jangka waktu program bantuan sosial baik bagi masyarakat maupun industri, hingga akhir tahun. Foto/Dok SINDOphoto/Yuswantoro
A A A
JAKARTA - Pemerintah mengencangkan ikat pinggang dalam memulihkan ekonomi Indonesia yang dihantam virus corona (Covid-19). Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan dalam menghadapi ketidakpastian pandemi Covid-19, Indonesia telah menyiapkan dua skenario, dari yang terburuk hingga optimis.

Pada awalnya, Pemerintah Indonesia menyiapkan berbagai program kebijakan jaring pengaman sosial hanya untuk tiga bulan pertama sejak merebaknya Covid-19. Namun pemerintah lantas memperluas cakupan penerima bantuan hingga 29 juta kepala keluarga, serta memperpanjang jangka waktu program bantuan baik bagi masyarakat maupun industri, hingga akhir tahun.

"Dengan kondisi kapasitas fiskal yang terbatas, Pemerintah dituntut membuat prioritas program dan kebijakan, yang paling penting dan efektif," tulis Sri Mulyani dalam akun media sosial di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Sambung dia, kebijakan juga disempurnakan dari waktu ke waktu seiring perkembangan kebutuhan. Misalnya, Pemerintah memperluas penerima jaring pengaman sosial, mulai dari subsidi listrik, bantuan sembako, kartu prakerja, hingga bansos melalui dana desa. "Dari semula 6 bulan, program ini juga diperpanjang hingga Desember 2020," jelasnya.

Dia melanjutkan untuk UMKM, subsidi bunga, bantuan modal kerja, hingga jaminan kredit modal kerja akan diperluas dan ditingkatkan, dengan melihat dinamika dampak dari pandemi Covid-19. "Hal ini telah menjadi diskusi dengan DPR di dalam proses finalisasi RAPBN 2020," jelasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0956 seconds (0.1#10.140)