OJK Wanti-wanti Dampak Global terhadap Pasar Asuransi

Kamis, 09 Maret 2023 - 12:35 WIB
loading...
OJK Wanti-wanti Dampak Global terhadap Pasar Asuransi
Asuransi masih berpotensi terdampak ketidakpastian global. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) menyatakan, selama pemulihan ekonomi nasional, aset dan premi asuransi umum dan reasuransi terus tumbuh masing-masing sebesar 7,01% dan 19,8% yoy per Januari 2023. Meskipun demikian, OJK menilai masih terdapat potensi ketidakpastian ekonomi global yang dapat berdampak pada siklus pasar asuransi.



Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, pihaknya turut memperkirakan bahwa pasar asuransi akan terus berada dalam siklus pasar yang sulit, karena biaya modal yang meningkat dan eksposur risiko yang dapat diasuransikan lebih tinggi.

"Terutama yang sensitif terhadap kondisi ekonomi," kata Ogi saat AAUI Internasional Insurance Seminar yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Ogi melanjutkan, perusahaan asuransi harus melakukan proses penjaminan emisi secara lebih hati-hati dan disiplin. Upaya itu untuk menghindari dampak memburuknya kondisi ekonomi terhadap kondisi likuiditas dan solvabilitas.

"Ini penting untuk menghindari terulangnya kasus salah urus terkait lini bisnis asuransi kredit, di saat krisis akibat pandemi," tambahnya.



Menurutnya penting bagi perusahaan asuransi untuk menyadari sepenuhnya siklus pasar asuransi, dan menggunakannya sebagai salah satu pertimbangan utama dalam implementasi strategi bisnis.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)